Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match (ICM) Berbantuan LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMPN 30 Padang

Ambrina, Yashirly (2023) Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match (ICM) Berbantuan LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMPN 30 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
Yashirly Ambrina 1814040071 Cover - Daftar Isi .pdf - Published Version

Download (823kB)
[img] Text (BAB I)
Yashirly Ambrina 1814040071 BAB I.pdf - Published Version

Download (660kB)
[img] Text (BAB III)
Yashirly Ambrina 1814040071 BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
Yashirly Ambrina 1814040071 BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (496kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Yashirly Ambrina 1814040071 Skripsi FullText.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik kelas VII SMPN 30 Padang. Salah satu cara yang dapat digunakan dengan menerapkan model pembelajaran Index Card Match (ICM) berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran ICM berbantuan LKPD lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran saintifik. 2) mengetahui motivasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model ICM berbantuan LKPD. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan randomized control group only design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 30 Padang sebanyak 251 orang. Telah diperoleh populasi berdistribusi normal, homogen, dan memiliki kesamaan rata-rata, kemudian dilakukan pengambilan sampel dengan random sampling. Sehingga terpilih kelas VII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep dan angket motivasi belajar. Teknik analisis data tes menggunakan uji-t dan angket motivasi dengan menggunakan derajat pencapaian. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas eksperimen 76,96 dan kelas kontrol 62,67. Diperoleh t_hitung (3,14)>t_tabel (1,69) maka keputusan H_0 ditolak dan H_1 diterima. Artinya kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang diajar dengan model ICM berbantuan LKPD lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep peserta didik dengan pembelajaran saintifik. Persentase motivasi belajar peserta didik yang menggunakan model ICM berbantuan LKPD 75,48% dengan kriteria baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Index Card Match (ICM), LKPD, Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:20
Last Modified: 19 Jan 2024 08:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18514

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item