khuryati, Ainil (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Sharaf Berbasis Kooperatif Tipe Jigsaw pada Jurusan PBA FTIK IAIN Kerinci. Doctoral thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover-Daftar isi)
Ainil Khuryati_2020090032_Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Bab I)
Ainil Khuryati_2020090032_BAB I.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (BAB III)
Ainil Khuryati_2020090032_BAB III.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (BAB V & Daftar Pustaka)
Ainil Khuryati_2020090032_BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (FULLTEXT)
Ainil Khuryati_2020090032_FullText.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Khuryati, Ainil. 2020090032. Pengembangan Model Pembelajaran Sharaf Berbasis Kooperatif Tipe Jigsaw pada Jurusan PBA FTIK IAIN Kerinci. Disertasi Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana, UIN Imam Bonjol Padang. 2023 Pengembangan model pembelajaran sharaf berbasis kooperatif tipe jigsaw pada Jurusan PBA FTIK IAIN Kerinci didasarkan pada kenyataan bahwa mahasiswa membutuhkan sebuah model pembelajaran yang dapat mereka pahami, gunakan dan kerjakan. Model ini tentunya mencakup semua materi yang akan meraka pelajari, karena mereka mengalami berbagai kesulitan, mulai dari kesulitan mengucapkan kalimat-kalimat bahasa arab, mempraktikkan ungkapan-ungkapan berbahasa arab hingga upaya untuk menjawab latihan yang ada dalam lembar kerja siswa. Model yang akan dibuat juga diharuskan memuat berbagai media pembelajaran yang menarik yang mengantarkan pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pembelajaran sharaf pada Jurusan PBA FTIK IAIN Kerinci. 2) Mengembangkan model pembelajaran sharaf berbasis kooperatif tipe jigsaw pada Jurusan PBA FTIK IAIN Kerinci, 3) Mengungkap validitas, praktikalitas, dan efektivitas pengembangan model pembelajaran sharaf berbasis kooperatif tipe jigsaw pada Jurusan PBA FTIK IAIN Kerinci Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Research and Development yang dikenal dengan singkatan R&D Jenis desain pengembangan yang digunakan adalah model Four-D. Dengan alasan, karena produk dari pengembangan ini adalah model pembelajaran yang dikonkretkan dalam bentuk perangkat pembelajaran. dengan prosedur pengembangan melalui empat tahap, yaitu, (1) Define (pendefinisian) (2) Design (perancangan) (3) Develop (pengembangan) (4) Disseminate(Pemyebaran). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan focus group discussion. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Temuan dalam penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran sharaf pada Jurusan PBA FTIK IAIN Kerinci.secara umum sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Perdidikan dan Kebudayaan RI No 3 Tahun 2020 tentang tandar Nasional Pendidikan Tinggi sudah memperhatikan aspek interaktif, holistik, integratif, saintifik, tematik, dan efektif namun demikian aspek kontekstual, kolaboratif dan pembelajaran berpusat belum terlaksana sebagaimana mestinya, 2) pengembangan model pembelajaran sharaf berbasis kooperatif tipe jigsaw pada Jurusan PBA FTIK IAIN Kerinci dapat diaplikasikan dalam setiap materi ajar, 3) uji validitas, praktikalitas, dan efektivitas menunjukkan bahwa pengembangan pembelajaran sharaf berbasis kooperatif tipe jigsaw pada Jurusan PBA FTIK IAIN Kerinci valid, praktis, dan efektif.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Sharaf, Kooperatif Tipe Jigsaw |
Subjects: | Agama Islam > Agama Islam Umum > Islam dan Ilmu Bahasa L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pusat Riset Pascasarjana |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 03:57 |
Last Modified: | 17 Oct 2023 03:57 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18499 |
Actions (login required)
View Item |