Harahap, Rahmat Iqbal (2023) Pengembangan E-modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol padang.
Text (COVER)
COVER, PENGESAHAN, PERSETUJUAN PEMBIMBING, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (940kB) |
|
Text (BAB 1)
SKRIPSI BAB 1.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (BAB 3)
SKRIPSI BAB 3.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (BAB 5)
SKRIPSI BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (478kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI IQBAL FULL TEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran fisika di kelas masih menggunakan bahan ajar konvensional, seperti buku cetak, LKS, papan tulis yang masih berpusat kepada pendidik, sehingga cenderung membuat peserta didik bosan dan pasif. Akibatnya pembelajaran di kelas tidak efektif dan kurang menarik perhatian peserta didik yang menyebabkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kurang berkembang. Usaha untuk mengatasi masalah tersebut dalam pembelajaran fisika dengan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk belajar mandiri baik di dalam maupun di luar proses pembelajaran. Salah satunya dengan mengembangkan E-Modul fisika berbasis kearifan lokal. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan E-Modul fisika berbasis kearifan lokal yang valid, praktis dan efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan Research & Development (R&D). Model pengembangan adalah Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu penelitian pendahuluan (Preliminary research), fase pengembangan atau prototype (development of prototype phase), dan fase penilaian (Assesment phase). Instrumen yang digunakan dalam uji validitas E-Modul fisika diberikan 3 orang validator ahli dinilai aspek materi, konstruksi dan bahasa menggunakan angket validasi. Uji praktikalitas E-Modul fisika berbasis kearifan lokal diberikan kepada 2 orang pendidik fisika dan 20 orang peserta didik kelas XI MAN 3 Kota Padang untuk melihat tingkat kepraktisan dengan menggunakan angket praktikalitas, sedangkan uji efektivitas berupa soal tes diberikan kepada 20 peserta didik untuk melihat keefektifan produk E-Modul fisika Berbasis kearifan lokal. Hasil penelitiannya itu telah dihasilkan E-Modul fisika Berbasis kearifan lokal yang valid, praktis dan efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kevalidan E-Modul fisika berbasis kearifan lokal tersebut mempunyai rata-rata 87,00% dari segi materi, konstruksi dan bahasa dengan kategori sangat valid. Kepraktisan E-Modul fisika berbasis kearifan lokal tersebut mempunyai rata-rata 91,01% dengan kategori sangat prakrtis, sedangkan untuk keefektifan produk diperoleh nilai rata-rata 84,00% dengan kategori sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul fisika, kearifan lokal pengolahan kopi, berpikir kritis |
Subjects: | U Umum (General) > Fisika U Umum (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 02:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 02:16 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18495 |
Actions (login required)
View Item |