Soviya Putri, Mayang (2023) Pengembangan E-modul berbasis Etno-STEM pengolahan Sagu terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
This is the latest version of this item.
Text (Cover)
Mayang cover, daftar isi.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I Mayang Soviya Putri.pdf - Published Version Download (294kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III Mayang Soviya Putri.pdf - Published Version Download (396kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V-daftar pustaka Mayang Soviya Putri.pdf - Published Version Download (241kB) |
|
Text (Fulltext skripsi)
Mayang Soviya Putri_Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis Etno-STEM Pengolahan Sagu pada materi kalsifikasi materi dan perubahannya serta kalor dan perpindahannya yang valid, praktis, dan efektif dan berdampak pada kemampuan berpikir kritis dan keatif peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu: Penellitian Pendahuluan (Preliminary Research), Pengembangan Prototipe (Development of prototype phase) dan Tahap Penilaian (Assesment Phase). Pada tahap penelitian pendahuluan dilakukan 2 tahap yaitu: analisis kebutuhan. Analisis literatur (analisis kurikulum dan analisis bahan ajar). Pada tahap pengembangan prototipe, dilakukan perancangan terhadap E-Modul berbasis Etno-STEM yang terlebih dahulu divalidasi oleh 4 orang ahli. Dari aspek kelayakan materi, bahasa dan konstruksi menggunakan angket validasi. Selanjutnya pada tahap penilaian produk di uji coba oleh 1 orang pendidik IPA di MTsN 2 Kepulauan Mentawai dan 15 orang peserta didik kelas VII untuk melihat tingkat kepraktisan dengan menggunakan angket praktikalitas dan 15 orang peserta didik untuk melihat keefektifan E-Modul berbasis Etno-STEM Pengolahan Sagu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis Etno-STEM sangat valid dengan skor rata-rata 86,55% dengan persentase uji kelayakan materi 82%, kelayakan bahasa 95%, dan kelayakan konstruksi 82,66%. Untuk uji praktikalitas dikategorikan sangat praktis dengan skor rata-rata 90,87% dimana praktikalitas oleh pendidik 93,33% dan peserta didik 88,42%. Tes efektivitas oleh peserta didik sebesar 81,16% dengan kategori sangat efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa E-Modul berbasis Etno-STEM Pengolahan Sagu terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik dengan kriteria valid, praktis dan efektif untuk peserta didik SMP/MTs.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul berbasis Etno-STEM, berpikir kritis, kreatif |
Subjects: | U Umum (General) > Pendidikan U Umum (General) > Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 06:20 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 06:20 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18493 |
Available Versions of this Item
-
Pengembangan E-modul berbasis Etno-STEM pengolahan Sagu terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik. (deposited UNSPECIFIED)
- Pengembangan E-modul berbasis Etno-STEM pengolahan Sagu terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik. (deposited 06 Feb 2024 06:20) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |