Penerapan Problem Based Learning Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Radiani, Radiani (2023) Penerapan Problem Based Learning Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
cover.pdf - Published Version

Download (778kB)
[img] Text (BAB 1)
bab 1 betul.pdf - Published Version

Download (694kB)
[img] Text (BAB III)
bab III.pdf - Published Version

Download (541kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5 betul.pdf - Published Version

Download (419kB)
[img] Text (Full Text)
Pull Skripsi Watermak.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kurang efektifnya model pembelajaran yang diterapkan pendidik dalam mengajar mengakibatkan rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik. Masalah ini harus diatasi oleh pendidik karena berimbas pada kualitas pendidikan. Salah satu usaha yang dilakukan untuk mengatasi rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Problame Based Learning (PBL) terintegrasi STEM karena mengajarkan dan melatih peserta didik untuk terlibat dalam pemikiran kritis, penyelidikan, pemecahan masalah dan kolaborasi agar kemampuan berpikir kritis peserta didik lebih baik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy exsperiment). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah counter Balance design (desain berimbang) menguji beberapa perlakuan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes (soal eesai) sebanyak 5 buah per indikator penelitian dilaksanakan di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam menggunakan 2 kelas sampel yaitu kelas MIPA 5 sebagai kelas perlakuan 1, dan kelas MIPA 6 sebagai kelas perlakuan 2. Berdasarkan hasil Uji Two-Sample Assuming Equal Variances diperoleh nilai P(T<=t) one- tail pada KD 3.1 Kinematika dengan analisis vektor adalah 0,00405511 sehingga nilai Sig < 0,05 dan nilai (thitung) 2.83 > t critical one –tail (ttabel) 1,67. Sedangkan KD 3.2 Gravitasi di peroleh nilai P(T<=t) one- tail adalah 0,00177499 sehingga nilai Sig <0,05 dan nilai (thitung) 1,88 > t Critical one-tail (ttabel) 1,72. di simpulkan bahwa pembelajaran menggunakan penerapan Problame Based Learning terintegrasi STEM lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran fisika dengan model cooperative learning. Kata Kunci: Penerapan PBL terintegrasi Science, Technology, Engeinering. Mathematic (STEM) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan PBL terintegrasi Science, Technology, Engeinering. Mathematic (STEM) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 17 Oct 2023 09:33
Last Modified: 17 Oct 2023 09:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18486

Actions (login required)

View Item View Item