Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Dengan Pendekatan Komunikatif di Sekolah Tinggi Agama Islam Pengembangan Ilmu Al-Qur’an (STAI-PIQ) Sumatera Barat

Halimah, Halimah (2023) Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Dengan Pendekatan Komunikatif di Sekolah Tinggi Agama Islam Pengembangan Ilmu Al-Qur’an (STAI-PIQ) Sumatera Barat. Doctoral thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Full Text Disertasi Halimah.pdf

Download (4MB)

Abstract

Halimah, NIM. 88316326, “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab dengan Pendekatan Komunikatif di Sekolah Tinggi Agama Islam Pengembangan Ilmu Al-Qur’an (STAI-PIQ) Sumatera Barat”, Disertasi Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, 2023. Pembimbing 1) Prof. Dr. Zulmuqim, M.A. 2) Dr. Yasmadi, M.Ag Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Bahasa Arab, Pendekatan Komunikatif Isu utama dalam penelitian ini adalah bahan ajar bahasa Arab di Sekolah Tinggi Agama Islam Pengembangan Ilmu Al-Qur’an (STAI-PIQ) Sumatera Barat saat ini belum sesuai sesuai dengan kondisi, kebutuhan dan karakteristik mahasiswa PAI STAI-PIQ Sumatera Barat. Selain itu bahan ajar tersebut juga belum menggunakan topik yang berkaitan dengan pengembangan ilmu al-Qur’an. Hal ini mengakibatkan proses pembelajaran bahasa Arab menjadi kurang efektif dan efisien serta hasil belajar belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan bahan ajar bahasa Arab di STAI-PIQ Sumatera Barat. (2) Menghasilkan desain pengembangan bahan ajar bahasa Arab dengan pendekatan komunikatif di STAI-PIQ Sumatera Barat. (3) Mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektifitas bahan ajar bahasa Arab dengan pendekatan komunikatif di STAI-PIQ Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model Four D (4D). Penelitian dilakukan di Sekolah Tinggi Agama Islam Pengembangan Ilmu Al-Qur’an (STAI-PIQ) Sumatera Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, angket dan tes. Temuan penelitian ini adalah: 1) Bahan ajar yang digunakan dalam perkuliahan bahasa Arab di STAI-PIQ Sumatera Barat belum menggunakan bahan ajar yang dirancang secara khusus berdasarkan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa program studi PAI dan keilmuannya yang banyak mengkaji al-Qur’an. 2) Desain pengembangan bahan ajar bahasa Arab memiliki ciri khusus yaitu topik bahan ajar Arab disesuaikan dengan kebutuhan, spesifikasi dan latar belakang keilmuan mahasiswa PAI STAI-PIQ Sumatera Barat dengan mengedepankan pembahasan yang berkaitan dengan al-Qur’an, bahasa Arab dan pendidikan. Topik tersebut disajikan secara komunikatif dengan menitikberatkan kepada empat keterampilan berbahasa. 3) Bahan ajar bahasa Arab dengan pendekatan komunikatif ini dinilai sangat valid oleh para ahli dan praktisi dengan nilai rata-rata 86,25 %. Bahan ajar ini juga sangat praktis dengan nilai rata-rata 91,25 % dan bahan ajar ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar yang ditunjukkan oleh data yang diperoleh melalui perbandingan nilai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan perhitungan statistik bahwa nilai t-hitung 9,248 lebih besar dari t-tabel 1,685. Data ini menunjukkan bahwa nilai kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki perbedaan yang signifikan. Dengan demikian, bahan ajar bahasa dengan pendekatan komunikatif dapat menjadikan pembelajaran lebih komunikatif dan efektif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Bahasa Arab, Pendekatan Komunikatif
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 02 Feb 2024 03:32
Last Modified: 02 Feb 2024 03:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18473

Actions (login required)

View Item View Item