E-LKPD, Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas

Rahma, Riskitia (2023) E-LKPD, Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
cover dll tiaa.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (708kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (639kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V- DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (527kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext Riskitia Rahma 1914080034)
Skripsi Fulltext Riskitia Rahma 1914080034 TYTY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing) adalah model pembelajaran yang membuat peta pikiran dan mengelompokan beberapa ide dalam bentuk kerangka yang terstruktur untuk membantu mengingat atau menganalisis sebuah masalah. RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing) dapat berpengaruh positif terhadap perkembangan keterampilan proses sains dan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran fisika khususnya. Pendidik dapat mengintegrasikan model RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing) dalam konsep fisika pada materi suhu kalor dan pemanasan global. Dengan perkembangan pendidikan dan teknologi pembelajaran fisika pada materi suhu kalor dan pemanasan global dapat disajikan dalam bentuk E-LKPD fisika menggunakan aplikasi canva sehingga memenuhi kriteria kelayakan valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi langkah-langkah model Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu : penelitian pendahuluan (preliminary research), pengembangan prototipe (development of prototype phase) dan penilaian (assesment phase). Pada preliminary research dilakukan studi pendahuluan dengan melakukan analisis kebutuhan dan kajian literatur. Development of prototype phase terdiri dari tiga tahap yaitu: mendesain prototipe, evaluasi formatif, dan revisi prototipe. Assesment phase dilakukan untuk mendapatkan E-LKPD yang praktis melalui uji coba terbatas 17 peserta didik kelas XI IPA 2 di MAS PPM Diniyyah Pasia. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen angket. Uji validitas produk terdiri dari 3 orang validator ahli dinilai dari aspek materi/isi, media, dan bahasa. Uji praktikalitas diberikan kepada 1 orang pendidik Fisika 17 orang peserta didik kelas XI MIA 2 di MAS PPM Diniyyah Pasia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD fisika dengan model RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing) terhadap keterampilan proses sains baik dari segi materi, media, dan bahasa dengan nilai rata-rata 92% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan E-LKPD fisika dengan model RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing) terhadap keterampilan proses sains dan kreativitas peserta didik mempunyai nilai rata-rata 87,5% kategori praktis. Sedangkan keterlaksanaan E-LKPD fisika dengan model RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing)di nilai oleh 2 orang observer mendapatkan rata-rata 3,8 dengan kategori sangat praktis dan percentage of agreement 81% dengan kategori very good agreement. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa E-LKPD fisika dengan model RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing) terhadap keterampilan proses sains dan kreativitas peserta didik sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Keterampilan Proses Sains, Kreativitas
Subjects: U Umum (General) > Fisika
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:04
Last Modified: 06 Feb 2024 02:04
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18348

Actions (login required)

View Item View Item