Rahma, Laila (2023) Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Matematika pada Kelas VII Unggulan di SMP Negeri 3 X Koto Singkarak. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover dll)
LAILA RAHMA. NIM 1714040029 Cover dll.pdf - Published Version Download (927kB) |
|
Text (BAB I)
LAILA RAHMA. NIM 1714040029 BAB I.pdf - Published Version Download (367kB) |
|
Text (BAB III)
LAILA RAHMA. NIM 1714040029 BAB III.pdf - Published Version Download (318kB) |
|
Text (BAB V - Daftar Pustaka)
LAILA RAHMA. NIM 1714040029 BAB V- Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (481kB) |
|
Text (Fulltext)
LAILA RAHMA. NIM 1714040029 Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Belajar adalah satu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Istilah pembelajaran berasal dari kata dasar “belajar”, yaitu suatu aktivitas atau suatu proses untuk memperoleh pengetahuan, meningkatkan keterampilan, memperbaiki perilaku, sikap dan mengukuhkan kepribadian. Pengertian ini lebih diarahkan kepada perubahan individu, baik menyangkut ilmu pengetahuan maupun berkaitan dengan sikap dan kepribadian dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pembelajaran harapannya ilmu akan bertambah, keterampilan meningkat, dan dapat membentuk akhlak mulia. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik matematika, dan peserta didik kelas VII A. Data penelitian diperoleh dari observasi dan wawancara tertulis kepada kepala sekolah, pendidik dan peserta didik kelas VII A di SMP Negeri 3 X Koto Singkarak. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dari segi perencanaan, pendidik telah menyiapkan diri menghadapi peserta didik unggulan dengan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari kesiapan arsip perencanan dan kesesuaiannya dengan CP, TP dan ATP dan Modul Ajar. 2) Pelaksanaan belajar mengajar mendorong peserta didik berpikir aktif dalam menerima materi yang disampaikan. Hal ini dibuktikan dengan peserta didik yang bertanya pada pendidik dan berebut menjawab pertanyaan atau soal yang diberikan serta peserta didik yang tidak malu mengungkapkan pendapatnya. 3) Evaluasi yang diadakan setiap materi selesai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Pelaksanaan Pembelajaran, Unggulan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 08:00 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 08:48 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18338 |
Actions (login required)
View Item |