Model Pembelajaran Group Investigation Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Serta Self-Efficacy Peserta Didik Kelas VIII MTsN 3 Padang Pariaman

Nabila, Tasya (2023) Model Pembelajaran Group Investigation Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Serta Self-Efficacy Peserta Didik Kelas VIII MTsN 3 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (834kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (527kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (626kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (359kB)
[img] Text (Full Text)
Full Taxt.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy peserta didik di kelas VIII MTsN 3 Padang Pariaman. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan belum mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy peserta didik. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah menerapkan Model Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk:1) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran group investigation lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran biasa di kelas VIII MTsN 3 Padang Pariaman. 2) mengetahui self-efficacy peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran group investigation di kelas VIII MTsN 3 Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsN 3 Padang Pariaman tahun ajaran 2022/2023. Dengan sampel terpilih kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-efficacy. Teknik analisis data tes kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan uji-t dan angket dengan menghitung derajat pencapaian. Berdasarkan hasil tes, diperoleh nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen 73,19 dan kelas kontrol 66,90. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji-t, pada selang kepercayaan 95% diperoleh t_hitung (1,84)>t_tabel (1,67) maka H_1 diterima. Selanjutnya untuk angket diperoleh derajat pencapaian self efficacy peserta didik adalah 81,52% dengan kriteria tinggi. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan m odel pembelajaran group investigation dapat meningkat kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy peserta didik di kelas VIII MTsN 3 Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Group Investigation, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Efficacy
Subjects: U Umum (General) > Matematika
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 07 Feb 2024 01:29
Last Modified: 07 Feb 2024 01:29
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18336

Actions (login required)

View Item View Item