PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 13 PADANG

FAUZAN, HUSNI (2023) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 13 PADANG. Masters thesis, FAKULTAS PASCA SARJANA.

[img] Text (FULL TEXT)
HUSNI FAUZAN_2120010024_FULL_BAB1_BAB5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (COVER)
HUSNI FAUZAN_2120010024_COVER_DAFTAR_DLL.pdf - Published Version

Download (458kB)
[img] Text (BAB I)
HUSNI FAUZAN_2120010024_BAB_1.pdf - Published Version

Download (332kB)
[img] Text (BAB III)
HUSNI FAUZAN_2120010024_BAB_3.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (BAB V)
HUSNI FAUZAN_2120010024_BAB_5_daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (119kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil fenomena di lapangan bahwa beberapa peserta didik kelas VII SMPN 13 Padang memiliki kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual sangat rendah, sehingga hasil belajar yang yang di dapatkan tidak mencapai keberhasilan belajar Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. populasi dari penelitian ini adalah 223 orang peserta didik, dengan menggunakan teknik random sampling yang merujuk pada rumus slovin diperoleh sampel 68 orang peserta didik. Instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengetahui berapa pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar, (2) Mengetahui berapa pengaruh kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar, (3) Mengetahui berapa pengaruh antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa, (1) Kecerdasan emosional dapat berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada pada mata Pelajaran PAI sebesar 2,977, (2) Kecerdasan Spritual berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI sebesar 3,625, (3) Kecerdasan spiritual berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI sebesar 13, 595. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar peserta didik, baik secara bersama-sama maupun secara sendiri berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Sehingga disarankan bahwa guru dapat mengevaluasi peserta didik yang berkaitan dengan pengembangan kecerdasan emosional dan spiritual untuk mencapai potensi peserta didik yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, kecerdasan Spiritual dan Hasil Belajar
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 02 Jan 2024 06:24
Last Modified: 02 Jan 2024 06:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18314

Actions (login required)

View Item View Item