Pengaruh Metode Pembelajaran Debat Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas V SD Islam Khaira Ummah Kota Padang

Resky Sri, Nilva (2023) Pengaruh Metode Pembelajaran Debat Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas V SD Islam Khaira Ummah Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (BAB I)
Nilva Sri Resky. NIM 1814070083 BAB 1 pdf.pdf - Published Version

Download (683kB)
[img] Text (BAB II)
Nilva Sri Resky. NIM 1814070083 BAB 2. pdf.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
Nilva Sri Resky. NIM 1814070083 BAB 3 pdf.pdf - Updated Version

Download (978kB)
[img] Text (BAB IV)
Nilva Sri Resky. NIM 1814070083 BAB 4. pdf.pdf - Updated Version

Download (525kB)
[img] Text (BAB V)
Nilva Sri Resky. NIM 1814070083. BAB 5 pdf.pdf - Updated Version

Download (595kB)
[img] Text (fulltext)
Nilva Sri Resky. NIM1814070083. Fulltext.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pengaruh Metode Pembelajaran Debat Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas V SD Islam Khaira Ummah Kota Padang”, yang ditulis oleh Nilva Sri Resky, NIM 1814070083, pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara peserta didik yang masih jauh dari yang diharapkan peserta didik cenderung pasif dalam proses pembelajaran, pembelajaran masih berpusat pada pendidik, aktivitas peserta didik yang belum berani berbicara didepan kelas atau di depan umum. Kelas V SD Islam Khaira Ummah berjumlah sebanyak 69 Peserta Didik terdapat 65% Peserta Didik tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran debat terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas V pada pembelajaran Tema 9 Subtema 2 SD Islam Khaira Ummah Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field riset. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain atau pola penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design (pola eksperimen semu) menggunakan tipe non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VSD Islam Khaira Ummah yang berjumlah 69 orang. Yang menjadi menjadi sampel penelitian ini adalah kelas A sebanyak 23 peserta didik menjadi kelas eksperimen dan kelas B 24 peserta didik menjadi kelas kontrol, dengan pertimbangan nilai kelas A dan B yang tidak jauh berbeda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran debat berpengaruh terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas V SD Islam Khaira Ummah. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata pretest dan postest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata pretest yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 51,2 sedangkan rata-rata pretest yang diperoleh kelas kontrol yaitu 49.6. Setelah dilakukan tindakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka diperoleh rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 52,8. Dari perhitungan t-test dengan taraf signifikansi 0.05 diperoleh thitung (0,729) > ttabel (0,526) dan nilai sig (0,000) < 0,05. Nilai t hitung > t tabel atau sig. < 0,05 menunjukkan kemampuan keterampilan berbicara kedua kelas berbeda secara signifikan. Sehingga hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode pembelajaran debat berpengaruh terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas V SD Islam Khaira Ummah Kota Padang. kata kunci : Debat, Berbicara, Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Debat, Berbicara, Padang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 31 Jan 2024 07:54
Last Modified: 31 Jan 2024 07:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18203

Actions (login required)

View Item View Item