Media Pembelajaran dan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA N 1 Tiumang Dharmasraya.

Remondika, Refryanda (2023) Media Pembelajaran dan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA N 1 Tiumang Dharmasraya. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (COVER)
1714010082 COVER.pdf - Published Version

Download (454kB)
[img] Text (BAB I)
1714010082 BAB I.pdf - Published Version

Download (264kB)
[img] Text (BAB III)
1714010082 BAB III.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (BAB V)
1714010082 BAB V.pdf - Published Version

Download (315kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
Skripsi full Refryanda.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Untuk mengupayakan pendidikan yang berkualitas, pendidik seringkali menemukan permasalahan dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya guna meningkatan proses pembelajaran adalah penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran bukan hanya sekedar upaya membantu pendidik dalam mengajar, tetapi lebih sebagai upaya memudahkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Dengan demikian dapat dipahami bahwa, media pembelajaran yang ada di lingkungan sekolah maupun yang ada diluar sekolah, dapat mengatasi masalah masalah yang ada dalam proses belajar mengajar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) media pembelajaran dan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di SMA N 1 Tiumang Dharmasraya, (2) upaya pendidik dalam pemanfaatan media pembelajaran dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA N 1 Tiumang Dharmasraya, dan (3) aktivitas belajar peserta didik di SMA N 1 Tiumang terhadap media yang digunakan oleh pendidik. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan menggambarkan, mengungkap dan menjelaskan tentang penggunaan media pembelajaran dan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di SMAN 1 Tiumang Dharmasraya. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Tiumang Dharmasraya kelas XI dari Bulan Juli s/d Agustus 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang digunakan pendidik Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI meningkatkan aktivitas belajar di SMA N 1 Tiumang Dharmasraya antara lain infokus, mushalla, LKS, buku paket, dan Al Qur’an. Dengan penggunaan media secara benar akan dapat merangsang dan menumbuhkan serta meningkatkan Aktivitas Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA N 1 Tiumang Dharmasraya. Sedangkan untuk faktor pendukung dalam meningkatkan aktivitas Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA N 1 Tiumang Dharmasraya yaitu tersedianya media di sekolah, tersedianya waktu untuk menggunakan media, minat dan respon peserta didik, kemampuan pendidik dalam menggunakan media, kedisiplinan pendidik. Dan untuk faktor penghambat dalam aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA N 1 Tiumang Dharmasraya yaitu peserta didik yang terlambat, peserta didik yang tidak membawa buku, suasana kelas yang ramai, kurangnya ketrampilan pendidik dalam membuat media, terbatasnya media di sekolah, kemampuan dasar peserta didik dalam baca, tulis Al-Qur’an masih kurang Kata Kunci: Media Pembelajaran,dan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran,dan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:30
Last Modified: 17 Oct 2023 03:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18198

Actions (login required)

View Item View Item