Sri Azhari, Rizka (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover)
Rizka Sri Azhari_1914010012_PAI_Cover.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
Rizka Sri Azhari_1914010012_PAI_BAB I.pdf - Published Version Download (494kB) |
|
Text (BAB III)
Rizka Sri Azhari_1914010012_PAI_BAB III.pdf - Published Version Download (406kB) |
|
Text (BAB V)
Rizka Sri Azhari_1914010012_PAI_BAB V.pdf - Published Version Download (311kB) |
|
Text (Fulltext)
Rizka Sri Azhari_1914010012_PAI_Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang aktif atau pasif pada peserta didik dalam belajar sehingga kurangnya interaksi antara pendidik dengan peserta didik. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi kurang aktif atau pasif peserta didik pada pelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui gambaran keaktifan belajar peserta didik kelas eksperimen dalam pembelajaran SKI dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) kelas VIII di MTsN 1 Bukittinggi. (2) Untuk mengetahui gambaran keaktifan belajar peserta didik kelas kontrol dalam pembelajaran SKI dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional kelas VIII di MTsN 1 Bukittinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 1 Bukittinggi pada tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 343 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII.4 berjumlah 30 orang dan kelas kontrol adalah kelas VIII.3 berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai Post-Test kelas eksperimen adalah 77,73 dengan nilai terendah 62 dan nilai tertinggi 89. Rata-rata nilai Post-Test kelas kontrol adalah 70,2 dengan nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 84.Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 23 diperoleh signifikan yaitu sig α sebesar 0.000, maka dapat diambil kesimpulan adalah (0,000 < 0,05). Oleh karena itu dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh keaktifan belajar yang signifikan dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dibandingkan dengan model konvensional pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTsN 1 Bukittinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Keaktifan Belajar, Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 04:44 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 04:45 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18178 |
Actions (login required)
View Item |