Pengembangan Media Alat Peraga Tangram Materi Luas Bangun Datar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIS Muhammaiyah Pakasai Kota Pariaman

Sidiq, Isra Fikra (2023) Pengembangan Media Alat Peraga Tangram Materi Luas Bangun Datar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIS Muhammaiyah Pakasai Kota Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I fixx selesai (1).pdf - Published Version

Download (685kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III fixxx selesai fikra (1).pdf - Published Version

Download (851kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Fikra Isra Sidiq 1714070100.Fulltext)
cover fikra 32 watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa dalam pelajaran bangun datar. Hal inidiketahui dari hasil studi penelitian yang diperoleh informasi hampir seluruh pendidik hanya berpaku menggunakan buku pelajaran tematik dalam menyampaikan materi ajar, dan hanya memanfaatkan papan tulis sebagai sarana penyampaian informasi kepada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa dikelas IV yang mendapat pembelajaran dengan penggunaan media alat peraga tangram lebih baik daripada siswa dikelas lain yang mendapatkan pembelajaran biasa. dan mengetahui kualitas penggunaan media alat peraga tangram dari aspek validitas, praktikalitas dan efektifitas Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahapan pengembangan yaitu (1) Pendefenisian (Define), (2) Perancangan (Design), (3) pengembangan (Develop), (4) Penyebaran (Dessiminate). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket validitas, angket praktikalitas dan angket efektifitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan signifikan terhadap hasil belajar dalam penggunaan media alat peraga tangram terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV MIS Muhammadiyah Pakasai. Alat peraga tangram yang dikembangkan sudah bisa dijadikan sebagai sumber belajar tambahan yang dapat melatih kemampuan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan kategori valid, dan praktis. Media alat peraga tangram dinyatakan valid dari segi materi, bahasa, dan media diperoleh niai rata-rata 89,6% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media alat peraga tangram oleh pendidik dan peserta didik diperoleh nilai rata-rata 97% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media alat peraga tangram materi luas bangun datar dikategorikan sangat valid, serta dapat melatih kemampuan peningkatan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Media Alat Peraga Tangram, Siswa SD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Media Tangram dalam Peningkatan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 31 Jan 2024 07:56
Last Modified: 31 Jan 2024 07:57
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18150

Actions (login required)

View Item View Item