Pengembangan E-modul Berbasis Etnosains Pencak Silat Berbantuan Aplikasi Heyzine Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik

Ulfa, Santi (2023) Pengembangan E-modul Berbasis Etnosains Pencak Silat Berbantuan Aplikasi Heyzine Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (BAB I)
SKRIPSI BAB I.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (BAB III)
SKRIPSI BAB III.pdf - Published Version

Download (448kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (403kB)
[img] Text (Cover)
Cover Santi Ulfa.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Full TEXT)
SKRIPSI SANTI FULL TEXS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan perkembangan IPTEK yang sangat pesat serta membawa perubahan paradigma pembelajaran yang mengisyaratkan pendidik harus menggunakan teknologi digital. E-modul ini disajikan agar peserta didik dapat belajar dimana saja baik itu dibimbing oleh pendidik maupun tanpa dibimbing oleh pendidik. Karena pada abad ke-21 peserta didik dituntut untuk lebih aktif dan bisa berfikir kritis serta mampu memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi masalah tersebut dalam pembelajaran fisika dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada salah satunya dengan mengembangkan e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-modul Berbasis Etnosains Pencak Silat yang valid, praktis dan efektif terhadap keterampilan berfikir kritis peserta didik. E-modul berbasis etnosains dapat mendukung proses belajar secara mandiri sehingga akan membimbing peserta didik memecahkan permasalahan secara mandiri terkait masalah berupa kebudayaan sekitas sehingga dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Plomp yang meliputi tiga tahapan yaitu: penelitian pendahuluan (prototype phase), pengembangan prototipe (development prototype phase), dan tahap penilaian (assesment phase). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validitas, angket praktikalitas, angket efektifitas dan soal tes berfikir kritis. Uji validitas produk diberikan kepada 3 orang validator ahli yang menilai kelayakan materi, kelayakan bahasa dan kelayakan konstruksi. Uji praktikalitas produk diberikan kepada 1 orang pendidik Fisika dan 20 orang peserta didik kelas X di SMAN 12 Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul fisika berbasis etnosains pencak silat sudah valid, prkatis dan efektif terhadap keterampilan berfikir kritis peserta didik. Kevalidan e-modul tersebut mempunyai rata-rata 89,73% dari segi materi, konstruksi dan bahasa dengan kategori sangat valid. Kepraktisan e-modul tersebut mempunyai nilai rata-rata 91,5% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk efektifitas e-modul diperoleh nilai rata-rata 85,32%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Etnosains Pencak Silat, Berfikir Kritis
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General) > Fisika
U Umum (General)
U Umum (General) > Ilmu Sosial > Alat Bantu Pembelajaran Menggunakan Komputer
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 08 Dec 2023 02:26
Last Modified: 08 Dec 2023 02:26
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18141

Actions (login required)

View Item View Item