Pengembangan Media Kartu Berbasis Flash Card pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II SDN 55 Air Pacah Kota Padang

Oktalianti, Putri (2023) Pengembangan Media Kartu Berbasis Flash Card pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II SDN 55 Air Pacah Kota Padang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover)
FULL TEXT-1-15.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (594kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (681kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (509kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Skripsi Putri Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Proses pembelajaran hanya menggunakan buku cetak yang disediakan tanpa adanya variasi media yang mendukung, hal tersebut menyebabkan peserta didik kurang tertarik untuk menyimak penjelasan dari pendidik. Oleh karena itu, perlu adanya cara untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan peneliti yaitu dengan mengembangkan media kartu berbasis flash card yang interaktif dan menyenangkan agar peserta didik tidak merasa jenuh dan tertarik untuk menyimak proses pembelajaran dari pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kartu berbasis flash card pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SDN 55 Air Pacah Kota Padang. Menganalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dalam penggunaan media flash card di kelas II SDN 55 Air Pacah Kota Padang Jenis penelitian ini merupakan penlitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, and Disseminate). Subjek dari penelitian ini adalah validator ahli media, bahasa, dan materi, serta 1 orang pendidik dan 10 orang peserta didik kelas II SD/MI. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi serta angket yang diberikan kepada ahli media, bahasa, materi, serta pendidik dan lembara soal peserta didik. Hasil penilaian dari para ahli terhadap pengembangan media kartu berbasis flash card pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi Menjaga Kesehatan pada kelas II mendapat kriteria sangat valid dengan rata-rata penilaian ahli media sebesar 91,32%, penilaian ahli bahasa 96,65%, dan penilaian ahli materi 90,5%. Media kartu berbasis Flash Card memenuhi kriteria sangat praktis dengan respon pendidik mendapatkan penilaian sebesar 94% dan peserta didik 90%. Media kartu berbasis Flash Card memenuhi kriteria sangat efektiv berdasarkan hasil lembar tes soal pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Menjaga Kesehatan peserta didik yaitu 88%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media kartu berbasis flash card pada pembelajaran B. Indonesia materi Menjaga Kesehatan kelas II SD/MI dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Kartu Berbasis Flash Card, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar
Subjects: U Umum (General) > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 16 Oct 2023 12:20
Last Modified: 16 Oct 2023 12:20
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18135

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item