Penerapan Model Pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing) Berbantuan Aplikasi Mindomo Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Perserta didik di SMA N 1 Basa Ampek Balai

Zahara, Yuni (2023) Penerapan Model Pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing) Berbantuan Aplikasi Mindomo Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Perserta didik di SMA N 1 Basa Ampek Balai. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (620kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)
[img] Text (Yuni Zahara_1914080024.FullText)
Yuni Zahara_1914080024. Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran fisika di kelas XI IPA SMA N 1 Basa Ampek Balai, diantaranya keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik yang rendah. Proses pembelajaran belum menerapkan model pembelajaran berbantuan teknologi, namun pendidik masih dominan menerapkan model pembelajaran konvesional sehingga membuat pembelajaran yang monoton, peserta didik yang kurang paham dengan pembelajaran dan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik masih kurang namun dituntut menyelesaikan tugas yang sangat padat, sehingga peserta didik masih banyak yang memperoleh nilai dibawah KKM. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran fisika berbantuan teknologi, karena zaman semakin canggih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran RMS (reading, mind mapping and sharing) berbantuan aplikasi mindomo terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik pada materi karakteristik gelombang mekanik dan gelombang bunyi & cahaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan rancangan yang digunakan adalah Counterbalanced Design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI IPA SMA N 01 Basa Ampek Balai dan sampel penelitian adalah kelas XI IPA 5 dan kelas XI IPA 6. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes. Data yang diambil diuji dengan menggunakan uji hipotesis t- Test Two Sample Assuming Equal Variances. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dan kreatif dengan model RMS berbantuan mindomo lebih baik dibandingkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif yang tidak menggunakan mindomo. Rata- rata hasil keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik pada pembelajaran menggunakan model RMS berbantuan mindomo memperoleh nilai rata-rata 87,03, dan rata-rata pembelajaran tanpa aplikasi mindomo memperoleh rata-rata 83,23, dan rata- rata keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran dengan menggunakan model RMS berbantuan mindomo memperoleh nilai rata-rata 87, dan rata-rata pembelajaran tanpa aplikasi mindomo memperoleh nilai rata-rata 84,33. Maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis dan kreatif pembelajaran menggunakan model RMS berbantuan aplikasi mindomo lebih baik dibandingkan model pembelajaran RMS saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model RMS, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 01:58
Last Modified: 06 Feb 2024 01:58
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18096

Actions (login required)

View Item View Item