Konsep Pembinaan Kompetensi Kepribadian Guru Menurut Imam Al-Ghazali Serta Relevansinya dengan Pembinaan Guru di Indonesia

Gozali, Ahd (2023) Konsep Pembinaan Kompetensi Kepribadian Guru Menurut Imam Al-Ghazali Serta Relevansinya dengan Pembinaan Guru di Indonesia. Doctoral thesis, UIN Imam Bonjol.

[img] Text (Cover, Abstrak & Daftar Isi)
1. Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text (BAB III)
3. BAB III.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (BAB V)
4. Bab V – Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (Full Text)
DISERTASI FULL-Konsep Pembinaan Kompetensi Kepribadian Guru Menurut Imam Al-Ghazali Serta Relevansinya dengan Pembinaan Guru di Indones_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ahd. Gozali, NIM: 2020090004, Konsep Pembinaan Kompetensi Kepribadian Guru Menurut Imam Al-Ghazali Serta Relevansinya dengan Pembinaan Guru di Indonesia Program Doktor Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Tahun 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya melakukan rekonstruksi terhadap kepribadian guru. Tantangan global dan laju arus teknologi menghadapkan pendidikan pada perubahan tatanan sosial dan moral. Dalam kondisi seperti ini, kompetensi kepribadian guru juga menjadi sangat penting. Kepribadian adalah sumber utama munculnya keteladanan, munculnya sifat-sifat terpuji, dan menghadirkan semangat pembelajaran yang berkualitas. Di sisi lain, negara telah merumuskan banyak konsep dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru, tetapi baru sedikit sekali yang menyentuh ranah kepribadian. Sehingga diperlukan alternatif-alternatif lain yang dapat mendorong kemajuan pada aspek ini. Sehingga dipandang perlu menggali pemikiran-pemikiran pendidikan dari masa lampau sebagai bentuk dari kesadaran historis. Dari banyak tokoh pendidikan, Imam al-Ghazali termasuk sebagai salah satu pakar yang penting untuk dikaji, karena dia memiliki perhatian yang besar terhadap dunia pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah menggali dan menganalisis (1) Pemikiran Imam al-Ghazali tentang kepribadian guru, (2) Relevansi kompetensi kepribadian guru menurut pemikiran Imam al-Ghazali dengan kompetensi kepribadian guru di Indonesia, (3) Pembinaan kompetensi kepribadian guru di Indonesia, dan (4) Implikasi pemikiran Imam al-Ghazali tentang kepribadian guru terhadap pembinaan kepribadian guru di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan pustaka serta dengan model hermeneutika dan paradigma konstruktif. Data-data yang dijadikan dalam penelitian ini adalah karya klasik Imam al-Ghazali, seperti kitab Iḥyā ‘Ulūm ad-Dīn, Fātihah al-`Ulūm, Mīzan al-`Amal, dan Ayyuhā al-Walad, serta data-data lain yang dipandang perlu untuk menemukan jawaban-jawaban dalam penelitian ini. Setelah melakukan analisis, peneliti mendapatkan hasil bahwa kepribadian guru dalam pandangan Imam al-Ghazali dapat dikukur dengan keilmuan, akhlak, kejujuran, amal, dan pendekatannya kepada Allah. Selain itu dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik, guru perlu memiliki kepribadian utama, yaitu niat yang lurus, kesucian jiwa, kasih sayang, tidak memfokuskan diri terhadap gaji, paham terhadap murid, santun, memiliki kedalaman ilmu pengetahuan dan keteladanan. Pemikiran-pemikirannya ini sebagian besar memiliki relevansi dengan kepribadian guru di Indonesia, terutama kompetensi kepribadian yang memuat sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mengembangkan sifat-sifat terpuji yang dipersyaratkan bagi guru, empati, komunikatif, peduli dan responsif, sesuai dengan yang diatur dalam sistem pendidikan nasional. Dengan demikian, pemikiran Imam al-Ghazali sangat relevan dengan pendidikan di Indonesia, khususnya tentang kepribadian guru. Maka pemikiran ini layak untuk diadopsi dan dilakukan penelitian lebih mendalam lagi untuk mengetahui pemikiran al-Ghazali terhadap pendidikan secara komprehensif. Kata Kunci: Kepribadian Guru; Imam al-Ghazali; Pendidikan Indonesia

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian Guru; Imam al-Ghazali; Pendidikan Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:00
Last Modified: 02 Jan 2024 07:00
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18046

Actions (login required)

View Item View Item