Penerapan Strategi Learning Start With A Question (LSQ) disertai Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII MTsN 2 Padang Pariaman

Maimanah, Ashabul (2023) Penerapan Strategi Learning Start With A Question (LSQ) disertai Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII MTsN 2 Padang Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text (COVER)
Ashabul Maimanah. NIM.1914040030. COVER.pdf - Published Version

Download (936kB)
[img] Text (BAB I)
Ashabul Maimanah. NIM.1914040030. BABI.pdf - Published Version

Download (592kB)
[img] Text (BAB III)
Ashabul Maimanah. NIM.1914040030. BAB III.pdf - Published Version

Download (571kB)
[img] Text (BAB V & DAPUS)
Ashabul Maimanah. NIM.1914040030. BAB V & DAPUSpdf.pdf - Published Version

Download (387kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Ashabul Maimanah. NIM.1914040030. FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII MTsN 2 Padang Pariaman. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan strategi learning start with a question (LSQ) disertai video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan strategi learning start with a question (LSQ) disertai video pembelajaran dan yang belajar dengan pembelajaran ekspositori dikelas VII MTsN 2 Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan randomized control group only design. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas VII tahun ajaran 2022/2023. Dikarenakan populasi berdistribusi normal, memiliki vaiansi yang homogen, dan memiliki kesamaan rata-rata, maka teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Terpilih kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan VII.9 sebagai kelas kontrol. Menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis lalu dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil tes diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen 78,10 dan kelas kontrol 69,94. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji-t, a=0,05 pada selang kepercayaan 95% diperoleh t_hitung=2,31≥t_tabel=1,67 maka keputusannya H_0 ditolak, artinya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan strategi learning start with a question (LSQ) disertai video pembelajaran lebih tinggi dari peserta didik yang belajar dengan pembelajaran ekspositori dikelas VII MTsN 2 Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Start With A Question (LSQ), Video Pembelajaran, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: U Umum (General) > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:51
Last Modified: 17 Oct 2023 03:51
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18032

Actions (login required)

View Item View Item