Pengembangan E-LKPD Berbasis Model Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Fluida Statis dan Dinamis

Ramadhani, Sri (2023) Pengembangan E-LKPD Berbasis Model Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Fluida Statis dan Dinamis. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V-Dapus.pdf - Published Version

Download (807kB)
[img] Text (Sri Ramadhani 1814080001-Fulltext)
Sri_Ramadhani__1814080001-_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu penyebab penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dalam menghadapi tantangan pendidikan. Pendidikan membutuhkan model pembelajaran dan keterampilan yang dapat mengimbangi perkembanngan zaman. Selain itu, masih didapatkan kegiatan pembelajaran yang belum melibatkan peserta didikmempengaruhi rendahnya keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran fisika. Maka penggunaan bahan ajar berupa LKPD elektronik menggunakan model learning cycle 7Esebagai solusi untuk mengkongkritkan pelajaran fisika sehingga dapat membantu melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam proses pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses E-LKPD dengan menggunakan model learning cycle 7E pada materi fluida statis dan dinamis serta untuk mengembangkan E-LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi fluida statis dan dinamis. Jenis Penelitian ini merupakan Research & Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 tahap yaitu: penelitian pendahuluan (preliminary research), pengembangan prototipe (development prototype phase), dan tahap penilaian (assesment phase). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validitas, angket praktikalitas, angket efektivitas dan soal tes berpikir kritis. Uji validitas produk diberikan kepada 4 orang validator ahli yang menilai kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan kontruksi, dan kelayakan soal tes. Uji praktikalitas produk diberikan kepada 2 orang pendidik fisika dan 24 orang peserta didik kelas XI MIPA di MAN 3 Padang. Uji efektivitas lkpd elektronik berupa angket dan soal tes berpikir kritis yang diberikan kepada 24 peserta didik kelas XI MIPA di MAN 3 Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik elektronik menggunakan model learning cycle 7Eterhadap keterampilan berpikir kritissangat valid dengan skor rata-rata 84%, sangat praktis dengan skor rata-rata 88,71%, dan sangat efektif dengan skor rata-rata86,58%terhadap keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan lkpd elektronik menggunakan model learning cycle7Eterhadap keterampilan berpikir kritissangat valid, sangat praktis dan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Model Learning Cycle 7E, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 05 Feb 2024 06:57
Last Modified: 05 Feb 2024 06:57
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18026

Actions (login required)

View Item View Item