Efektivitas Model Pembelajaran Improve Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi

Sonia, Lolyta (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Improve Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
COVER punya loly.pdf

Download (468kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 WATERMACK (2).pdf

Download (727kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 Watermack.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (561kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT watermack benar loly .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi. Hal tersebut dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan belum memadai untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran Improve. Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Improve lebih tinggi daripada kemampuann komunikasi matematis peserta didik yang diajar dengan pembelajaran biasa, 2) mengetahui disposisi peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran Improve peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Improve lebih tinggi daripada kemampuann komunikasi matematis peserta didik yang diajar dengan pembelajaran biasa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan randomized control group only design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi.Teknik Random Sampling digunakan untuk mendapatkan sampel, sehingga terpilih kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen dan VIII.7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi dan angket disposisi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan persentase derajat untuk pencapaian untuk angket disposisi. Berdasarkan hasil tes, diperoleh nilai rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen 80.34 dan kelas kontrol 71,55. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji-t, pada selang kepercayaan 95% di peroleh t_hitung >t_(tabel )=(2,60 > 1,67) maka H_1 diterima. Artinya kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang mengggunakan model pembelajaran Improve lebih tinggi dari model pembelajaran biasa dikelas VIII SMPN 5 Bukittinggi. Hasil pengolahan angket disposisi diperoleh derajat pencapain 86 % dengan kriteria tinggi. Jadi dapat disimpulkan penggunaan model Improve terhadap kemampuan komunikasi dan disposisi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi lebih tinggi dengan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Improve, Kemampuan Komunikasi, Kemampuan Disposisi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 08:12
Last Modified: 06 Feb 2024 08:12
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17973

Actions (login required)

View Item View Item