Penerapan Model Pembelajaran Ropes (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Koneksi Matematis Peserta Didik Kelas VIII Smp N 6 Pariaman PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 6 PARIAMAN

Sari, Diah Framitha (2023) Penerapan Model Pembelajaran Ropes (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Koneksi Matematis Peserta Didik Kelas VIII Smp N 6 Pariaman PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 6 PARIAMAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover, Abstrak, dan pengesahan)
cover-d.lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (698kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 .pdf

Download (710kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB 5 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (713kB)
[img] Text (Full Text)
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematis peserta didik SMPN 6 Pariaman. Diantara penyebabnya yaitu peserta didik mengalami kesulitan dalam menuliskan kalimat matematika dari suatu objek dan belum mampu mengaitkan antar konsep matematika. Adapun usaha yang dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran ROPES. Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran ROPES lebih tinggi dari kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematis peserta didik yang belajar dengan model ekspositori di kelas VIII SMPN 6 Pariaman. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan randomized control group only desain. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas VIII tahun pelajaran 2022/2023. Teknik random sampling digunakan untuk memperoleh sampel, sehingga sampel yang terpilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis kelas eksperimen 85,07 dan kelas kontrol 76,04. Setelah dilakukan uji hipotesis pada selang kepercayaan 95% diperoleh t_hitung>t_tabel=(3,89>1,68) dengan demikian H_0 ditolak. Selanjutnya nilai rata-rata kemampuan koneksi matematis kelas eksperimen 84,03 dan kelas kontrol 74,65. Setelah dilakukan uji hipotesis pada selang kepercayaan 95% diperoleh t_hitung>t_tabel=(2,35>1,68) maka keputusannya H_0 ditolak. Dengan demikian, karena kedua uji hipotesis H_0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematis peserta didik kelas eksperimen yang belajar menggunakan model ROPES lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematis peserta didik kelas kontrol yang belajar dengan model ekspositori dikelas VIII SMPN 6 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ROPES, Pemahaman Konsep, Koneksi Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 08:10
Last Modified: 06 Feb 2024 08:10
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17962

Actions (login required)

View Item View Item