Penggunaan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik VII SMP Negeri 1 Bayang

Utama, Perli Afrian (2023) Penggunaan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik VII SMP Negeri 1 Bayang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
organized_organized.pdf - Published Version

Download (865kB)
[img] Text (BAB I)
skripsi bang perli bab 1.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (BAB III)
skripsi bang perli bab 3.pdf - Published Version

Download (476kB)
[img] Text (BAB V)
skripsi bang perli bab 5.pdf - Published Version

Download (401kB)
[img] Text (full text)
Fulltext skripsi Perli Afrian utama 1614040087.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang masih rendah di kelas VII SMPN 1 Bayang. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran cenderung didominasi oleh pendidik. Salah satu usaha yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model Team Assisted Individualization. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang menerapkan model Team Assisted Individualization kemampuan berfikir kritis matematis lebih tinggi dari yang menerapkan pembelajaran saintifik. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dengan rancangan randomized control group only design dan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 1 Bayang, setelah dilakukan uji persyaratan pengambilan sampel diperoleh bahwa populasi berdistribusi normal, homogen dan memiliki kesamaan rata-rata, terpilih peserta didik kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 2 sebagai kelas kontrol. Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk soal kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Teknik analisis yang digunakan untuk tes adalah dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil tes, diperoleh bahwa kelas eksperimen lebih baik dari nilai hasil belajar kelas kontrol hal ini terlihat dari nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 80.7 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 76.5. Berdasar kan analisis uji hipotesis one-way diperoleh t_hitung = 7.535. Untuk α = 5% dan dk = n-1 = 29 diperoleh t_tabel = 1.699. Karena t_(hitung>) t_tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan kata lain dapat disimpulkan hasil belajar matematika peserta didik pada pokok bahasan segitiga melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe Team Assisted Idividualization (TAI), Berpikir Kritis Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:55
Last Modified: 19 Jan 2024 08:55
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17901

Actions (login required)

View Item View Item