Monika, Triyola (2023) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Teknik Probing Prompting Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
This is the latest version of this item.
Text (Cover)
Triyola Monika_1814040061_Cover,dll.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
Triyola Monika_1814040061_BAB I.pdf - Published Version Download (938kB) |
|
Text (BAB III)
Triyola Monika_1814040061_BAB III.pdf - Published Version Download (837kB) |
|
Text (BAB V)
Triyola Monika_1814040061_BAB V,Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (462kB) |
|
Text (Full Text)
Triyola Monika_1814040061_Fulltext (watermark).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Padang. Salah satu cara yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning disertai teknik probing prompting. Tujuan penelitian ini untuk menerapkan model pembelajaran discovery learning disertai teknik probing prompting agar kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran ekspositori di kelas VIII SMP Negeri 11 Padang. Jenis penelitian adalah quasy experiment dengan rancangan randomized control group only design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Padang sebanyak 225. Teknik pengambilan sampel random sampling dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata sehingga sampel yang terpilih adalah kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis yang dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh bahwa nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kritis matematis di kelas eksperimen adalah 76,43 dan kelas kontrol adalah 67,15. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh t_tabel=1,67 dan t_hitung=2,12 sehingga didapat t_hitung (2,12) >t_tabel (1,67), maka keputusannya adalah H_0 ditolak dan H_1 diterima. Dapat diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Padang yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning disertai teknik probing prompting lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran ekspositori.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran discovery learning, Teknik probing prompting, Kemampuan berpikir kritis matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 06:14 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 08:50 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17824 |
Available Versions of this Item
-
Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Teknik Probing Prompting Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Padang. (deposited UNSPECIFIED)
- Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Teknik Probing Prompting Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Padang. (deposited 15 Jan 2024 06:14) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |