Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Padang Pariaman

Widia, Nova (2023) Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover, Abstrak, Pengesahan)
Nova Widia, NIM 1914010098, Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Nova Widia, NIM 1914010098, BAB I.pdf - Published Version

Download (355kB)
[img] Text (BAB III)
Nova Widia, NIM 1914010098, BAB III.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
Nova Widia, NIM 1914010098, BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (258kB)
[img] Text (Full Text)
Nova Widia, NIM 1914010098 Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII MTsN 3 Padang Pariaman. (2) Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII MTsN 3 Padang Pariaman. (3) Mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih siswa kelas VIII MTsN 3 Padang Pariaman. Pendekatan penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif menggunakan metode korelasional dengan analisis data regresi linear sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 3 Padang Pariaman yang berjumlah 155 siswa dan sampel sebanyak 62 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Kemandirian belajar siswa sebagian besar tergolong sedang yaitu 35%. (2) Hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih sebagian besar tergolong sedang yaitu 39%. (3) Dari hasil pengolahan data diperoleh rhitung = 24,153, dan nilai Ftabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,000, sehingga Fhitung > Ftabel. Dengan demikian, Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih siswa kelas VIII MTsN 3 Padang Pariaman. Nilai R square diperoleh sebesar 0,287, artinya kemandirian belajar memberikan pengaruh sebesar 28,7% terhadap hasil belajar Fiqih siswa kelas VIII MTsN 3 Padang Pariaman, sedang 71,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Independence, Learning Outcomes
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum
Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:24
Last Modified: 30 Jan 2024 04:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17738

Actions (login required)

View Item View Item