Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Membaca Peserta Didik Kelas IV SDN 07 Labuhan

Fitri, Eka Ayi (2023) Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Membaca Peserta Didik Kelas IV SDN 07 Labuhan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover lengkap)
cover lengkap.pdf - Published Version

Download (890kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (418kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III1.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (Full Text)
AYI EKA FITRI OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Faktor penyebab rendahnya minat baca peserta didik adalah peserta didik belum terbiasa untuk membaca, peserta didik cenderung lebih senang menonton dari pada membaca buku, Bacaan yang dimiliki peserta didik masih sangat terbatas, dan waktu luang peserta didik lebih banyak digunakan untuk bermain Gadget untuk bermedia sosial dari pada membaca artikel atau mencari pengetahuan di internet. Untuk dapat meningkatkan minat membaca maka sekolah melakukan gerakan literasi sekolah (GLS) Gerakan literasi sekolah merupakan suatu usaha atau kegiatan yang bersifat partisipatif dengan melibatkan warga sekolah dan untuk mewujudkannya dengan pembiasaan membaca peserta didik. Salah satu kegiatannya yaitu membaca selama 15 menit saat pembelajaran belum dimulai, sehingga minat membaca dan keterampilan membaca peserta didik meningkat dan menguasai secara lebih baik berbagai pengetahuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, merupakan salah satu cara dari jenis penelitian yang termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini mengenai implementasi gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat membaca peserta didik yang menjadi fokus penelitian ini yaitu adanya perencanaan, pelaksanaan, dan kendala yang dialami dalam gerakan literasi sekolah. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa implementasi gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat membaca peserta didik sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana yang diterapkan, berdasarkan rumusan masalah sebagai mana telah dijelaskan bahwa Pertama,perencanaan gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat membaca peserta didik sudah terencana dan terlaksana. Kedua pelaksanaannya sudah berjalan, karna gerakan literasi ini harus ada disetiap sekolah, sehingga sekolah harus menjalankannya. Ketiga, Terdapat berbagai kendala dalam gerakan literasi sekolah yaitu rendahnya minat peserta didik untuk membaca, yang memicu terjadi rendahnya minat membaca karena kurangnya buku pada pojok baca, rendahnya perhatian orang tua pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 31 Jan 2024 07:50
Last Modified: 31 Jan 2024 07:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17662

Actions (login required)

View Item View Item