Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Koneksi dan Disposisi Matematis Peserta Didik di Kelas VIII MTsN 4 Pesisir Selatan

Pratiwi, Helan (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Koneksi dan Disposisi Matematis Peserta Didik di Kelas VIII MTsN 4 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover s/d daftar isi)
cover Helan Pratiwi.pdf - Published Version

Download (844kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Helan Pratiwi.pdf - Updated Version

Download (206kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Helan Pratiwi.pdf - Published Version

Download (559kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V Helan Pratiwi.pdf - Published Version

Download (369kB)
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI HELAN PRATIWI FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan koneksi dan disposisi matematis peserta didik kelas VIII MTsN 4 Pesisir Selatan tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi daripada yang diajar dengan pembelajaran Saintifik (2) mengetahui disposisi matematis peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi daripada yang diajar dengan pembelajaran Saintifik di kelas VIII MTsN 4 Pesisir Selatan tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Quasy Experiment dengan rancangan Randomized Kontrol Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsN 4 Pesisir Selatan tahun ajaran 2022/2023, setelah dilakukan uji persyaratan pengambilan sampel diperoleh bahwa populasi berdistribusi normal, homogen dan memiliki kesamaan rata-rata setelah itu baru dilakukan pengambilan yang mana teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Random Sampling, maka terpilihlah peserta didik kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kontrol. Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk soal kemampuan koneksi matematis dan angket kemampuan disposisi matematis peserta didik. Setelah diperoleh bahwa data normal dan homogen maka teknik analisis yang digunakan untuk tes adalah uji-t dan untuk angket dengan menggunakan derajat pencapaian. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diajar dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi daripada kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diajar dengan pembelajaran Saintifik pada peserta didik kelas VIII MTsN 4 Pesisir Selatan tahun pelajaran 2023/2024 dengan diperoleh t_hitung=3,02 dengan t_tabel=1,67. Kemampuan disposisi matematis peserta didik pada kelas eksperimen memperoleh persentase lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan presentase masing-masing kelas eksperimen 79,17% dan kelas kontrol 74,02% berada pada kriteria tinggi. Karena rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas Kontrol maka pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CTL lebih efektif daripada pembelajaran Saintifik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Koneksi Matematis, Kemampuan Disposisi Matematis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:07
Last Modified: 19 Jan 2024 08:51
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17410

Actions (login required)

View Item View Item