Pengaruh Strategi Joyfull Learning berbantuan Ice Breaking terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Batang Anai

Tulhusnah, Amaliyah (2023) Pengaruh Strategi Joyfull Learning berbantuan Ice Breaking terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Batang Anai. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover, Abstrak, dan Pengesahan)
File Cover, Abstrak, dan Pengesahan.pdf - Published Version

Download (991kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Amaliyah Tulhusnah 1914010137.pdf - Published Version

Download (621kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Amaliyah Tulhusnah 1914010137.pdf - Published Version

Download (695kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka Amaliyah Tulhusnah 1914010137.pdf - Published Version

Download (465kB)
[img] Text (FullText)
Skripsi Full Text Amaliyah Tulhusnah 1914010137.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 01 Batang Anai tahun 2022/2023 merupakan hal yang melatarbelakangi penulisan skripsi ini. Guru masih menggunakan strategi konvensional dengan Guru mendominasi dalam proses pembelajaran, sehingga membuat peserta didik mengantuk dan suasana pembelajaran menjadi membosankan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar peserta didik yaitu dengan menerapkan Strategi Joyfull Learning berbantuan Ice Breaking pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui pengaruh strategi Joyfull Learning berbantuan Ice Breaking terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 01 Batang Anai Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan pendekatan eksperimen (Quasi-Eksperimentl). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 01 Batang Anai tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah VII.9 dan kelas kontrol adalah VII.5. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai Post-Test hasil belajar peserta didik kelas eksperimen 82,90 dan rata-rata nilai Post-Test kelas kontrol adalah 65.79. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS Versi 23 dapat diperoleh signifikan α < 0,05 yaitu 0,000 artinya 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak dan artinya Ha yang mengatakan terdapat pengaruh strategi Joyfull Learning berbantuan Ice Breaking terhadap peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 01 Batang Anai diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci: Pengaruh, Strategi Joyfull Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Strategi Joyfull Learning, Hasil Belajar
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:46
Last Modified: 30 Jan 2024 07:49
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17362

Actions (login required)

View Item View Item