Kompetensi Profesional Guru Pada Mata Pelajaran Fiqh di MTsS Al-Falah Padang.

Putri, Kamil Hayati (2023) Kompetensi Profesional Guru Pada Mata Pelajaran Fiqh di MTsS Al-Falah Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (567kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (292kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (639kB)
[img] Text (Skripsi Full (Text))
Skrips Full (Text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kompetensi Profesional Guru Pada Mata Pelajaran Fiqh di MTsS Al-Falah Padang” ditulis oleh Kamil Hayati Putri, NIM. 1814010041. Program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya ketidaksesuaian antara teori dengan kenyataan yang ada. Teori mengatakan bahwa guru telah mempersiapkan perencanaan pembelajaran dan pengelolaan pelaksanaan proses pembelajaran. Namun pada kenyataannya didalam pengelolaan ini ditemukan tantangan bagi guru dalam mengkondisikan peserta didik. Contohnya seperti peserta didik yang tertidur saat proses pembelajaran, dan juga sarana prasarana sekolah yang kurang memadai sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kompetensi profesional guru mata pelajaran fiqh di kelas IX MTsS Al-Falah Padang. (2) Mengetahui strategi guru fiqh dalam pengembangan keprofesionalan guru di MTsS Al-Falah Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data adalah kepala madrasah, guru fiqh (Sholeh Ansar S.I.Q., S.Pd.), dan peserta didik kelas IX. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian lapangan menunjukkan bahwa pendidik memiliki kompetensi profesional yang baik dalam menguasai bahan pengajaran, mengelola program belajar mengajar, mengelola kelas, menggunakan media dan sumber pembelajaran, menguasai landasan-landasan kependidikan, mengelola proses belajar mengajar, melaksanakan evaluasi pengajaran, melaksanakan layanan bimbingan dan konseling, membuat administrasi pembelajaran, dan melaksanakan penelitian tindakan kelas. Kemudian strategi guru fiqh dalam pengembangan kompetensi profesional adalah dengan menambah wawasan dan pengetahuan, memanfaatkan ilmu teknologi, dengan mengenal berbagai metode dan media dalam proses pembelajaran, serta adanya dukungan kepala madrasah yang melaksanakan pembinaan rutin sebulan sekali, mengirim tenaga pendidik untuk mengikuti diklat, seminar, KKG serta dilengkapinya sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Profesional Guru, Mata Pelajaran Fiqh
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:25
Last Modified: 30 Jan 2024 04:28
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17278

Actions (login required)

View Item View Item