Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, Share Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Peserta Didik Kelas VIII SMPN 8 Bukittinggi”.

Azzahra, Bilqis Aulia (2023) Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, Share Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Peserta Didik Kelas VIII SMPN 8 Bukittinggi”. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (440kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version

Download (971kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (240kB)
[img] Text (Cover)
1 (1).pdf - Published Version

Download (796kB)
[img] Text (full skripsi)
skripsi final (Bilqis aulia azzahra_1914040036) 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy peserta didik kelas VIII SMPN 8 Bukittinggi. Penerapan model pembelajaran search, solve, create, share (SSCS) menjadi salah satu solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah 1) dengan menerapkan model pembelajaran SSCS kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang diterapkan model pembelajaran ekspositori di kelas VIII SMPN 8 Bukittinggi. 2) untuk mengetahui self efficacy peserta didik yang diterapkan model pembelajaran SSCS dan peserta didik yang diterapkan model pembelajaran ekspositori. Penelitian menggunakan jenis penelitian quasy experiment dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 8 Bukittinggi yang terdiri dari 5 kelas dan berjumlah 148 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, sehingga terpilih kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah dan angket self efficacy. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji-t untuk kemampuan pemecahan masalah dan derajat pencapaian untuk self efficacy. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen adalah 79,33 dan kelas kontrol adalah 71,98 dan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,34 dan ttabel = 1,67 sehingga thitung > ttabe (2,34 > 1,67), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sedangkan pengolahan data angket self efficacy peserta didik terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen diperoleh derajat pencapaian sebesar 75,31 % dengan kategori cukup tinggi, sedangkan kelas kontrol sebesar 50,93 % dengan kategori cukup rendah. Kata kunci: Model pembelajaran SSCS, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: self efficacy, pemecahan masalah, model SSCS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:21
Last Modified: 19 Jan 2024 08:57
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17268

Actions (login required)

View Item View Item