Pengembangan LKPD Berbasis Role Playing Terhadap Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran PPKN Kelas IV di SDN 45 Pulau Karam Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan

Ayunda, Vidya (2023) Pengembangan LKPD Berbasis Role Playing Terhadap Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran PPKN Kelas IV di SDN 45 Pulau Karam Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover, Abstrak dan Pengesahan)
COVER, ABSTRAK, PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (581kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (491kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (655kB)
[img] Text (Full Text)
FULL TEXT VIDYA.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari permasalahan yang terjadi di sekolah yaitu kemampuan sikap sosial peserta didik kelas IV dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila pada pembelajaran PPKn belum terlihat, hal ini terjadi karena proses pembelajaran PPKn yang masih monoton dan hanya mengarah pada aspek pengetahuan melalui latihan dengan lembar kerja. Oleh karena kurangnya kegiatan-kegiatan yang dapat mengembangkan karakter sosial peserta didik, sehingga menyebabkan peserta didik tidak mampu bersosialisasi dengan baik seperti tidak mau bekerja sama, tolong menolong, bertutur kata yang baik dan menghargai orang lain. Alternatif solusi pada penelitian ini adalah dengan mengembangkan bahan ajar sekaligus media pembelajaran berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis bermain peran (role playing) pada mata pelajaran PPKn kelas IV SD/MI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas dari LKPD berbasis role playing pada mata pelajaran PPKn kelas IV SD/MI yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R & D) dari model pengembangan perangkat tipe 4-D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Produk yang dikembangkan berupa LKPD berbasis role playing terhadap penguatan profil pelajar Pancasila pada mata pelajaran PPKn kelas IV SD/MI yang diuji melalui uji validitas dan uji praktikalitas. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar validasi untuk mengetahui tingkat kevalidan LKPD yang dikembangkan yang diperoleh dari tim ahli dan angket respon peserta didik serta angket respon pendidik untuk mengetahui tingkat praktikalitas LKPD yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan LKPD berbasis role playing yang peneliti kembangkan memiliki hasil uji tingkat validitas produk oleh tim ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 92,7%. Hasil uji tingkat praktikalitas produk oleh dua orang pendidik yaitu 95% dengan kriteria sangat praktis, dan praktikalitas oleh sepuluh orang peserta didik yaitu 82% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis data, maka bahan ajar media pembelajaran LKPD berbasis role playing sudah valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Role Playing, PPKn, Profil Pelajar Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:27
Last Modified: 16 Oct 2023 06:27
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17212

Actions (login required)

View Item View Item