Pengembangan E-Modul Matematika Bernuansa Budaya Dengan Aplikasi Sigil

Andriarti, Nadia (2023) Pengembangan E-Modul Matematika Bernuansa Budaya Dengan Aplikasi Sigil. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf - Published Version

Download (397kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text (FULL TEXT)
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena bahan pembelajaran matematika yang digunakan belum dikaitkan dengan kebudayaan. Penggunaan bahan pembelajaran matematika di SMAN 1 Bukittinggi masih cenderung konvensional dan terbatas. Salah satu bahan pembelajaran yang dapat dikembangkan dalam proses pembelajaran adalah e-modul matematika bernuansa budaya dengan aplikasi Sigil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas e-modul matematika bernuansa budaya dengan aplikasi Sigil. Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dilakukan sampai pada tahap develop. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa pedoman wawancara, lembar validasi, angket praktikalitas, dan soal penilaian harian. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase. Subjek pada penelitian ini merupakan peserta didik kelas X E-4 SMAN 1 Bukittinggi yang sedang mempelajari bab Perbandingan Trigonometri. Objek pada penelitian ini adalah e-modul pembelajaran matematika bernuansa budaya dengan aplikasi Sigil yang dikembangkan. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul matematika bernuansa budaya dengan aplikasi Sigil bernilai sangat valid dengan rata-rata skor 92,19%. E-modul pembelajaran matematika bernuansa budaya dengan aplikasi Sigil memperoleh skor kepraktisan 97,78% (sangat praktis) yang dinilai oleh guru matematika SMAN 1 Bukittinggi, sedangkan tingkat kepraktisan oleh siswa memperoleh skor 78,06% (praktis), sehingga e-modul pembelajaran matematika bernuansa budaya dengan aplikasi sigil dinilai praktis untuk digunakan. Hasil efektivitas menunjukkan rata-rata persentase ketuntasan penilaian harian sebesar 88,89%, dengan demikian e-modul matematika bernuansa budaya dengan aplikasi Sigil dinilai efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Sigil, E-Modul, Nuansa Budaya, Pengembangan
Subjects: U Umum (General) > Matematika
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 07 Feb 2024 01:25
Last Modified: 07 Feb 2024 01:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17131

Actions (login required)

View Item View Item