Mujaddidi, Abdurrab Fawwaz (2023) Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Siswa untuk Mengikuti Program Tahfidz di SMA Negeri 1 Psdang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (BAB I)
b2. BAB I_1814010080_Abdurrab Fawwaz Mujaddidi.pdf - Published Version Download (669kB) |
|
Text (BAB III)
b3. BAB III_1814010080_Abdurrab Fawwaz Mujaddidi.pdf - Published Version Download (155kB) |
|
Text (BAB V)
b4. BAB V - Daftar Pustaka_1814010080_Abdurrab Fawwaz Mujaddidi.pdf - Published Version Download (290kB) |
|
Text (Cover)
b1. Cover-Daftar Isi_1814010080_Abdurrab Fawwaz Mujaddidi.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Full text)
a. Skripsi_1814010080_Abdurrab Fawwaz Mujaddidi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Banyaknya perguruan tinggi di zaman sekarang ini yang menyediakan sistem masuk dengan jalur tahfidz dan banyaknya beasiswa tahfidz di perguruan tinggi membuat banyak sekolah berpacu untuk menyukseskan siswa untuk menambah hafalan mereka, namun masih banyak sekolah yang terkendala dengan strategi yang digunakan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti program tahfidz, hal ini terjadi karena banyaknya pelajaran yang mereka pelajari beserta tugas sekolah, menjadi permasalahan yang seharusnya diatasi oleh guru, tugas bagi guru untuk meningkatkan lagi strategi yang akan mereka gunakan kepada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan menelaah data, mereduksi, menyusun dan mengategorisasi kemudian menguji keabsahan data serta menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian yang didapatkan ada beberapa strategi guru dalam meningkatkan motivasi siswa untuk mengikuti program tahfidz diantaranya strategi ekspositori dan memvariasikan metode pembelajaran seperti talaqqi, muraja’ah, tahsin, dan tasmi’. Memasukkan program tahfidz pada jam mata pelajaran wajib, memberi sanksi bagi siswa yang tidak menyetor pada jam pelajaran tahfidz, mengumpulkan handphone siswa saat pembelajaran dimulai, memperbaiki bacaan siswa di awal jam pelajaran, meminta siswa untuk bersama-sama membaca surah yang telah dihafal, dan mengadakan lomba tahfidz setiap akhir semester antar kelas. Dan motivasis siswa supaya bisa memberi mahkota kepada kedua orang tua dan mendapatkan beasiswa tahfidz.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tahfidz, strategi, motivasi, guru. |
Subjects: | Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 04:10 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 04:11 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17074 |
Actions (login required)
View Item |