Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Smart Box Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Peserta Didik Kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Gunung Talang

Lestari, Intan Fuji (2023) Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Smart Box Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Peserta Didik Kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Gunung Talang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover s/d Daftar Isi)
Cover, Abstrak, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (688kB)
[img] Text (BAB I)
INTAN FUJI LESTARI. NIM 1914090086. BAB 1.pdf - Published Version

Download (420kB)
[img] Text (BAB 3)
INTAN FUJI LESTARI. NIM 1914090086. BAB 3.pdf - Published Version

Download (628kB)
[img] Text (BAB V- DAFTAR PUSTAKA)
BAB V- DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (393kB)
[img] Text (Fulltext)
Intan Fuji Lestari 1914090086 Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian peserta didik kurang antusias dan semangat dalam proses belajar mengajar yang berlangsung pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hasil observasi, peserta didik yang beranggapan belajar IPS membosankan karena banyak menghafal materi sehingga membawa dampak pada hasil belajar peserta didik yang masih banyak memperoleh nilai dibawah KKM (75) yang mana mengharuskan untuk mengikuti remedial. Guru juga mengungkapkan peserta didik kurang aktif dalam belajar karena kemampuan komunikasinya yang masih rendah dan rasa percaya diri yang kurang. Salah satu yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbasis smart box pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran hasil pre-test sebelum penerapan model Project Based Learning berbasis smart box pada hasil belajar IPS peserta didik kelas IX di SMPN 2 Gunung Talang. (2) Untuk mengetahui gambaran hasil post-test sesudah penerapan model Project Based Learning berbasis smart box pada hasil belajar IPS peserta didik kelas IX SMPN 2 Gunung Talang. (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning berbasis smart box terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas IX di SMPN 2 Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan yang digunakan adalah one group pretes-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IX SMP N 2 Gunung Talang tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling. Pengambilan sampel yang dilakukan dengan cara mengundi kelas IX A sampai IX I, kemudian didapat hasilnya kelas IX C sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pre-test hasil belajar IPS kelas eksperimen adalah 58,21 dan rata-rata nilai post-test hasil belajar IPS kelas eksperimen adalah 83,21. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS Versi 26 diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,000, maka diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05). Oleh karena itu dapat dikatakan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning Berbasis smart box terhadap hasil belajar IPS kelas IX C di SMP N 2 Gunung Talang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning Berbasis Smart Box, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar
Subjects: U Umum (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:13
Last Modified: 06 Feb 2024 07:13
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16777

Actions (login required)

View Item View Item