PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA ETNO STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PESERTA DIDIK

Putra, Irwin (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA ETNO STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, fakultas tarbiyah dan keguruan.

[img] Text (COVER SKRIPSI IRWIN SYAH PUTRA)
Cover dll Irwin Syah Putra.pdf - Published Version

Download (977kB)
[img] Text (BAB I SKRIPSI IRWIN SYAH PUTRA)
BAB I Irwin Syah Putra.pdf - Published Version

Download (518kB)
[img] Text (BAB III SKRIPSI IRWIN SYAH PUTRA)
BAB III Irwin Syah Putra.pdf - Published Version

Download (631kB)
[img] Text (BAB V SKRIPSI IRWIN SYAH PUTRA)
BAB V Irwin Syah Putra.pdf - Published Version

Download (610kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT IRWIN SYAH PUTRA)
Bismillahirrahmanirrahim Skripsi Irwin Syah Putra Final.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik dalam pembelajaran fisika. tidak adanya bahan ajar yang diintegrasikan dengan kearifan lokal dan STEM dalam pembelajaran dan tidak adanya sumber belajar yang menunjang peserta didik untuk bisa belajar secara mandiri. Pendekatan Etno-STEM dapat berpengaruh positif terhadap perkembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik dalam proses pembelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan Research & Development (R&D). Model pengembangan adalah Plomp yang terdiri dari tiga tahap, penelitian pendahuluan (Preliminary research), fase pengembangan atau prototipe (development of prototype phase), dan fase penilaian (Assesment phase), divalidasi oleh 3 orang ahli. Dari aspek kelayakan materi, bahasa dan konstruksi media menggunakan angket validasi. Selanjutnya pada tahap penilaian produk di uji coba oleh 1 orang pendidik fisika di SMAN 9 Batang Hari Jambi dan 21 peserta didik untuk melihat tingkat kepraktisan produk. Instrumen yang digunakan untuk melihat kepraktisan produk adalah berupa angket. Sedangkan uji efektivitas produk menggunakan instrumen angket dan soal yang diberikan kepada 21 orang peserta didik untuk dilihat nilai aspek kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik setelah menggunakan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-modul Fisika Etno STEM yang terintegrasi kearifan lokal pembuatan batik jambi terhadap Keterampilan berpikir kritis dan kreatif baik dari segi materi, media, dan bahasa dengan nilai rata-rata 84,6% dengan kategori sangat valid. Nilai rata-rata soal tes dari kedua KD 88,3% kategori sangat valid dan Kepraktisan E-modul Etno-STEM terintegrasi kearifan lokal pembuatan batik jambi terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik mempunyai nilai rata-rata 88,05% kategori praktis. Keefektifan E�modul Etno-STEM terintegrasi kearifan lokal pembuatan batik jambi terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik menggunakan angket diperoleh rata-rata 87,1% kategori sangat Efektif dan menggunakan tes efektifitas diperoleh rata-rata pada KD 3.5 adalah 86,4% dan nilai rata-rata pada KD 3.7 adalah 90,2% dengan nilai rata-rata 88% dan kategori sangat efektif terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatifpeserta didik. Jadi dapat disimpulkan bahwa E-modul Fisika Etno STEM yang terintegrasi kearifan lokal pembuatan batik jambi terhadap berpikir kritis dan kreatif peserta didik dengan Kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-modul; Etno-STEM; Pembuatan Batik Jambi; Berpikir Kritis; Berpikir Kreatif
Subjects: U Umum (General) > Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:01
Last Modified: 17 Oct 2023 03:01
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16768

Actions (login required)

View Item View Item