Upaya Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Di SDN 02 Teratak Tengah, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan

Oktavia, Dina (2023) Upaya Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Di SDN 02 Teratak Tengah, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dll)
Dina Oktavia. 1914070053. Cover.pdf - Published Version

Download (817kB)
[img] Text (BAB I)
Dina Oktavia. NIM 1914070053. BAB I.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (BAB III)
Dina Oktavia. NIM 1914070053. BAB III.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (BAB V)
Dina Oktavia. NIM 1914070053. BAB V.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (Fulltext)
Dina Oktavia. 1914070053. Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat kedisiplinan di SDN 02 Teratak Tengah tergolong rendah. Ini dapat dilihat dari peserta didik masih datang terlambat kesekolah, atribut sekolah tidak lengkap, membuang sampah sembarangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan kedisiplinan dan faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan kedisiplinan peserta didik di SDN 02 Teratak Tengah, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif atau hasil yang didapatkan melalui kegiatan observasi dilapangan. Adapun teknik penelitian ynag digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data : reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya kepala sekolah dalam meningkatakan kedisiplinan peserta didik berupa membuat tata tertib dan bekerjama dengan guru. Sedangkan upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik berupa memberi teladan, memberi teguran, serta memberi sanksi, dan faktoryang menjadi penghambat dalam pelaksanaan kedisiplinan peserta didik sebagaimana yang di dapatkan dalam wawancara dengan pihak kepala sekolah dan guru yaitukurangnya kesadaran diri peserta didik dalam menjalankan aturan yang ditetapkan oleh sekolah, serta adanya faktor ekonomi yang menyebabkan kurangnya perhatian orang tua terhadap peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: upaya kepala sekolah, guru, kedisiplinan, peserta didik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 31 Jan 2024 08:12
Last Modified: 31 Jan 2024 08:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16640

Actions (login required)

View Item View Item