Pengaruh Pemahaman Pendidikan Agama Islam terhadap Kesadaran Beribadah Shalat Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kubung

Litvia, Nesyia (2023) Pengaruh Pemahaman Pendidikan Agama Islam terhadap Kesadaran Beribadah Shalat Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kubung. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (294kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (352kB)
[img] Text (Bab V dan Daftar Pustaka)
Bab V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (334kB)
[img] Text (Nesyia Litvia 1914010085 Skripsi Full Text)
Nesyia Litvia_1914010085_Skripsi_Full_Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak ditemukan peserta didik yang belum memiliki kesadaran untuk menunaikan ibadah shalat, terlihat ketika masuk waktu shalat peserta didik tidak langsung bergegas untuk melaksanakan shalat, melainkan lebih asik bercerita dengan teman-temannya di dalam kelas, duduk di kantin, dan bermalas-malasan dalam melaksanakan shalat. Dengan adanya pendidikan agama Islam di sekolah diharapkan peserta didik memiliki kesadaran akan kewajibannya sebagai muslim untuk tekun beribadah, memiliki etika beribadah, dan bisa menunaikan ibadah shalat sesuai dengan aturan dan kaidah yang diajarkan dalam pendidikan agama Islam tanpa harus disuruh atau dipaksa terlebih dahulu dari orang lain. Tujuan dalam penelitian skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui pemahaman pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Kubung, (2) Untuk mengetahui kesadaran beribadah shalat peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Kubung, (3) Untuk mengetahui pengaruh pemahaman pendidikan agama Islam terhadap kesadaran beribadah shalat peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kubung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekaatan ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas 8 SMP Negeri 1 Kubung tahun ajaran 2022/2023. Penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan menggunakan teknik pengambilan total sampling berjumlah 99 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman pendidikan agama Islam yang terdiri dari 99 responden sebagian besar berada pada kategori tinggi dengan jumlah persentase frekuensi terbanyak sebesar 53% dan hasil kesadaran beribadah shalat dari 99 responden sebagian besar juga berada pada kategori tinggi dengan jumlah persentase frekuensi terbanyak sebesar 50%. Berdasarkan hasil uji analisis menggunakan uji regresi linear sederhana yang dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 26 diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Jika sig < 0,05, maka Ha diterima dan Ho di tolak, artinya terbukti terdapat pengaruh antara pemahaman pendidikan agama Islam terhadap kesadaran beribadah shalat peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kubung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan agama Islam, kesadaran beribadah shalat
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:11
Last Modified: 30 Jan 2024 04:12
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16526

Actions (login required)

View Item View Item