Penerapan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mata Pelajaran IPAS Peserta Didik Kelas IV SDN 22 Koto Baru Kabupaten Solok

Silvianti, Dina (2023) Penerapan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mata Pelajaran IPAS Peserta Didik Kelas IV SDN 22 Koto Baru Kabupaten Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
COVER SKRIPSI DINA SILVIANTI 1.pdf - Published Version

Download (817kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I SKRIPSI DINA SILVIANTI.pdf - Published Version

Download (799kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III SKRIPSI DINA SILVIANTI.pdf - Published Version

Download (667kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V SKRIPSI DINA SILVIANTI.pdf - Published Version

Download (380kB)
[img] Text (Full Skripsi)
FULL SKRIPSI DINA SILVIANTI 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan peserta didik yang kurang minat dalam pembelajaran IPAS dilihat dari data berbicara peserta didik yang tergolong rendah dibuktikan dari 55 peserta didik. Nilai rata-rata data berbicara kelas IV A adalah 66 dan nilai rata-rata data berbicara kelas IV B adalah 66. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu pertama, untuk mengetahui bagaimana penerapan metode sosiodrama untuk melatih kemampuan berbicara peserta didik, yang kedua untuk mengetahui apakah penerapan metode sosiodrama dapat dengan mudah dipahami oleh peerta didik dan melatih kreativitas, yang ketiga untuk meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik dengan adanya sosiodrama di kelas IV SDN 22 Koto Baru Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah eksperimen (Quasy Experimen) dengan menggunakan desain penelitian pretest posttest kontrol group design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 22 Koto Baru. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah IVA dan kelas kontrol adalah kelas IVB. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji “t” dengan pengolahan data menggunakan SPSS Versi 22 dan Ms. Excel. Hasil penelitian menunjukan rata-rata hasil data berbicara kelas eksperimen meningkat dari 39,70 menjadi 83,20. Sedangkan kelas kontrol meningkat dari 42,30 menjadi 56,80. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS Versi 22 diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = <,000 dengan dasar pengambilan keputusan apabila sig α <0,05 dan Thitung >Ttabel maka, Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000 <0,05). Hal ini berarti bahwa kemampuan berbicara peserta didik meningkat dengan menggunakan metode sosiodrama dari pada kemampuan berbicara yang tidak menggunakan sosiodrama (konvensional). Hal ini berarti bahwa kemampuan berbicara peserta didik yang menggunakan metode sosiodrama lebih tinggi dari pada kemampuan berbicara peserta didik yang tidak menggunakan metode sosiodrama (konversional).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sosiodrama, metode,kemampuan berbicara
Subjects: U Umum (General) > Bahasa Indonesia
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 31 Jan 2024 03:49
Last Modified: 31 Jan 2024 03:51
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16472

Actions (login required)

View Item View Item