Penerapan Metode Focus Group Discussion (FGD) Pada Pembelajaran IPS SMPN 2 Kota Solok

Reftilova, Esa (2023) Penerapan Metode Focus Group Discussion (FGD) Pada Pembelajaran IPS SMPN 2 Kota Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover, Abstrak, Pengesahan, Persetujuan, Kata Pengantar, Daftar Isi)
Cover, Abstrak, Pengesahan, Persetujuan, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (527kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text (BAB V- Daftar Pustaka)
BABV- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (473kB)
[img] Text (Fulltext)
FULLTEXT SKRIPSI ESA REFTILOVA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode pembelajaran yang belum maksimal dalam mendukung pembelajaran IPS. Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran IPS adalah FGD, saat FGD berlangsung pun peserta didik belum mampu untuk mengembangkan sikap percaya diri, rasa menghargai, kerja sama antar anggota kelompok serta kurangnya partisipasi dari peserta didik itu sendiri.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk persiapan FGD yang digunakan oleh guru pada pembelajaran IPS di SMP N 2 Kota Solok, bagaimana bentuk pelaksanaan FGD pada pembelajaran IPS di SMP N 2 Kota Solok serta bagaimana bentuk penutupan FGD pada pembelajaran IPS di SMP N 2 Kota Solok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui wawancara,observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini yaitu sumber primer dan sekunder. Sumber primer yaitu guru mata pelajaran IPS, kepala sekolah, peserta didik dan observasi pembelajaran dengan menggunakan metode FGD. Sedangkan sumber sekunder nya yaitu buku, jurnal, penelitian yang relevan. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan Yang pertama bentuk kegiatan perencanaan FGD pada pembelajaran IPS adalah pendidik perlu melakukan perencanaan terlebih dahulu, seperti membuat perangkat pembelajaran yang terdiri dari Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), sillabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mana di dalam rancangan ini terdapat metode yang akan dilaksanakan saat pembelajaran nanti. Yang kedua pada kegiatan pelaksanaan FGD pada pembelajaran IPS adalah terdapat 3 kegiatan yaitu perencanaan, kegiatan inti, dan penutup yang masing- masing memiliki pelaksanaan yang berbeda. Yang ketiga dampak metode FGD pada pembelajaran IPS adalah dampak yang dirasakan dari pelaksanaan metode FGD pada pembelajaran IPS dapat dilihat dari sarana dan prasarana, sikap sosial dan hasil belajar peserta didik. Jika dibandingkan dengan metode lain yang digunakan guru saat mengajar seperti ceramah metode FGD ini lebih unggul, dikarenakan dapat membuat siswa memiliki keterampilan di abad-21 yaitu 4C (Creativity, Critical Thinking, Communication, and Collaboration).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Focus Group Discussion, Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran IPS.
Subjects: U Umum (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:06
Last Modified: 06 Feb 2024 07:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16408

Actions (login required)

View Item View Item