Penerapan Budaya Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun Melalui Pembelajaran IPS di MTsN 7 Kota Padang

Aqwal, Shadiqatunil (2023) Penerapan Budaya Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun Melalui Pembelajaran IPS di MTsN 7 Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Shadiqatunil Aqwal 1914090095 Fulltext)
Shadiqatunil Aqwal 1914090095 Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (Shadiqa Cover, Abstrak, Pengesahan, Persetujuan, Kata Pengantar, Daftar Isi)
Shadiqa Cover, Abstrak, Pengesahan, Persetujuan, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text (Shadiqa BAB I)
SHADIQA BAB 1.pdf - Published Version

Download (399kB)
[img] Text (Shadiqa BAB 3)
SHADIQA BAB 3.pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text (Shadiqa BAB 5-DAFTAR PUSTAKA)
SHADIQA BAB 5 - DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (537kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah budaya senyum, salam, sapa, sopan, dan santun (5S) sudah diterapkan di MTsN 7 Kota Padang dan saat proses pembelajaran juga sudah diterapkan, salah satunya pada mata pelajaran IPS. Namun masih ada peserta didik yang masih berbicara menggunakan nada tinggi, menjawab perkataan pendidik dengan ucapan yang kurang pantas, tidak menghargai, tidak sopan, dan tidak menyapa pendidik ketika bertemu diluar lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan penerapan budaya 5S melalui pembelajaran IPS di MTsN 7 Kota Padang, pelaksanaan penerapan budaya 5S melalui pembelajaran di MTsN 7 Kota Padang, dan kendala penerapaan budaya 5S melalui pembelajaran IPS di MTsN 7 Kota Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah Data Primer yaitu kepala sekolah, pendidik mata pelajaran, peserta didik MTsN 7 Kota Padang, dan Data Sekunder yaitu dokumen-dokumen yang terkait dengan fokus penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: Satu, Perencanaan Penerapan Budaya Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun melalui pembelajaran IPS di MTsN 7 Kota Padang berupa RPP yang mengacu pada kebutuhan peserta didik seperti sikap, pada awal pembelajaran dimulai dengan senyum, salam, sapa dan berdo’a. Kedua Pelaksanaan Penerapan Budaya Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun melalui Pembelajaran IPS di MTsN 7 Kota Padang terlebih dahulu pendidik menyosialisasikan atau memberitahu kepada peserta didik apa budaya 5S tersebut. Pada pelaksanaan terdiri dari kegiatan pendahuluan yaitu orientasi, memasuki ruangan dengan wajah ceria serta tersenyum ikhlas, mengucapkan salam, berdo’a, menyapa peserta didik dengan ramah serta lemah lembut, apersepsi mengaitkan materi sebelumnya dengan yang akan dipelajari menggunakan kata-kata yang baik, motivasi menjelaskan manfaat materi yang akan dipelajari serta memberikan motivasi terkait sikap sopan dan santun dan pemberian acuan menyampaikan KI, KD, dan tujuan pembelajaran. Pada kegiatan inti pendidik menjelaskan materi menggunakan kata-kata yang baik dan lemah lembut, jika ada peserta didik yang menyimpang pendidik akan menegur dengan kata lemah lembut. Pada kegiatan penutup pendidik mengingatkan peserta didik untuk selalu bersikap 5S dilanjutkan membaca Alhamdulillah dan diakhiri dengan mengucapkan salam. Ketiga, Kendala Penerapan Budaya Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun melalui pembelajaran IPS di MTsN 7 Kota Padang, yaitu sekolah, lingkungan, dan handphone.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Budaya, Pembelajaran IPS, Penerapan Budaya 5S
Subjects: U Umum (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:03
Last Modified: 06 Feb 2024 07:03
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16315

Actions (login required)

View Item View Item