Pengaruh Strategi Discovery Learning Menggunakan LKPD Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas XII di MAN 1 Solok Plus Keterampilan

Zukri, Sofia (2023) Pengaruh Strategi Discovery Learning Menggunakan LKPD Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas XII di MAN 1 Solok Plus Keterampilan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER)
COVER, PENGESAHAN DAN ABSTRAK SOFIA.pdf - Published Version

Download (846kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (981kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB 5 dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (854kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Sofia Zukri_1914010157_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui bagaimana gambaran hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas XII di MAN 1 Solok Plus Keterampilan dengan penggunaan strategi discovery learning menggunakan LKPD. (2) Untuk mengetahui bagaimana gambaran hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas XII di MAN 1 Solok Plus Keterampilan tanpa penggunaan strategi discovery learning menggunakan LKPD. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas dengan penggunaan strategi discovery learning menggunakan LKPD dengan kelas tanpa penggunaan strategi discovery learning menggunakan LKPD pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XII di MAN 1 Solok Plus Keterampilan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen semu (Quasi Eksperimental Research). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik di MAN 1 Solok Plus Keterampilan tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah XII IPS 2 dan kelas kontrol adalah XII IPS 3. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai post test hasil belajar Akidah Akhlak kelas eksperimen 81,21, rata-rata nilai post test hasil belajar Akidah Akhlak kelas kontrol 65,96. Persentase ketuntasan peserta didik kelas eksperimen 64%, Sedangkan pada kelas kontrol 15%. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS Versi 23 diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,000 maka diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05). Oleh karena itu dapat dikatakan H0 yang berbunyi tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menerapkan strategi discovery learning menggunakan LKPD dengan kelas tanpa penerapan strategi discovery learning menggunakan LKPD pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XII di MAN 1 Solok Plus Keterampilan ditolak dan Hα diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan ketika menerapkan strategi discovery learning menggunakan LKPD dibandingkan dengan metode konvensional pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XII di MAN 1 Solok Plus Keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Discovery Learning, LKPD, Hasil Belajar, Akidah Akhlak.
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:29
Last Modified: 30 Jan 2024 07:32
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16301

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item