Penerapan Strategi Jigsaw Untuk Meningkatkan Sikap Gotong Royong Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII di MTs N 5 Padang Pariaman

Annisa fadila, fa (2023) Penerapan Strategi Jigsaw Untuk Meningkatkan Sikap Gotong Royong Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII di MTs N 5 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
Fadila Annisa-1914090061-TIPS-Cover Dll.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
Fadila Annisa-1914090061-TIPS-BAB I.pdf - Published Version

Download (395kB)
[img] Text (BAB 3)
Fadila Annisa-1914090061-TIPS-BAB III.pdf - Published Version

Download (474kB)
[img] Text (BAB 5)
Fadila Annisa-1914090061-TIPS-BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Fadila Annisa-1914090061-TIPS-Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan, kurangnya sikap gotong royong peserta didik kelas VIII MTs N 5 Padang pariaman dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini terlihat beberpa peserta didik kelas VIII memiliki sikap gotong royong yang masih rendah seperti bersikap individual, tidak mau melaksanakan kewajiban bersama (Piket). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi Jigsaw mampu meningkatkan sikap gotong royong peserta didik kelas VIII MTs N 5 Padang Pariaman. Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Quasy Eksperiment bentuk nonequivalent control group. Dalam penelitian ini mengunakan desain penelitian control group pre-test dan post test, serta instrument yang digunakan untuk pengambilan data yaitu dengan pengisian lembaran penilaian sikap yang terdiri dari observasi guru, penilaian diri sendiri dan penilaian antar teman. Hasil lembar penilaian sikap gotong royong di analisis secara statistik mengunakan SPSS 26. Hasil penelitian yaitu: 1). Strategi jigsaw dapat meningkatkan sikap gotong royong peserta didik melalui penilaian berupa pre-test dan post-test. 2). Sikap gotong royong peserta didik sebelum penerapan strategi Jigsaw pada pre-test kelas eksperimen dengan rata-rata 66,31 3). Sikap gotong royong peserta didik setelah penerapan strategi Jigsaw pada post-test kelas eksperimen dengan rata-rata 87,62 4). Terdapat pengaruh signifikan penerapan strategi Jigsaw terhadap sikap gotong royong peserta didik, dibuktikan dengan mengunakan uji-T data sikap gotong royong peserta didik memiliki sig 0,000 Dimana lebih kecil dari signifikan 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Kata kunci: Strategi Jigsaw, Gotong Royong, Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi jigsaw, Gotong royong dan Ilmu pengetahuan sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:31
Last Modified: 19 Jan 2024 08:20
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16294

Actions (login required)

View Item View Item