Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually and Repetition) Disertai Handout Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Sintuk Toboh Gadang Tahun Pelajaran 2017/2018.

Dra. Hj. Khadijah, M.Pd, Khadijah and Yulia, M.Pd, Ayu and Dr. Nana Sepriyanti, S.Pd, M.Si, Nana and Rivdya Eliza, S.Si, M.Pd, Riri (2018) Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually and Repetition) Disertai Handout Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Sintuk Toboh Gadang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text
COVER, PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (815kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (316kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Ela Salsabiela : NIM. 1314040654 Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually and Repetition) Disertai Handout Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Sintuk Toboh Gadang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMPN 2 Sintuk Toboh Gadang tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini disebabkan karena kurangnya keterampilan matematika dan partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Untuk itu diterapkan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually and Repetition) disertai Handout. Hipotesis penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually and Repetition) disertai Handout lebih tinggi daripada yang menggunakan model pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dan rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 2 Sintuk Toboh Gadang tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah simple random sampling. Diperoleh kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen (model pembelajaran AIR) disertai Handout dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol (pembelajaran biasa). Data sekunder penelitian ini adalah niai UH I peserta didik kelas VIII dan data primernya adalah nilai tes akhir hasil belajar matematika yang dilihat dari aspek kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually and Repetition) disertai Handout (kelas eksperimen) dan model pembelajaran biasa (kelas kontrol). Instrumen tersebut telah memenuhi kriteria yang baik dilihat dari validitas, reabilitas, daya pembeda, dan indeks kesukaran soal. Waktu penelitian dimulai dari tanggal 28 Agustus-22 September 2017 di SMPN 2 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman tahun pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pemahaman konsep matematis peserta didik dengan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually and Repetition) disertai Handout 80,08 dan pada pembelajaran biasa 74,52. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh ttabel = 1,645 dan thitung=2,20 dengan taraf kepercayaan 95%. Ini berarti thitung > ttabel, hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima artinya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually and Repetition) disertai Handout lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran biasa. ABSTRACT Ela Salsabiela : NIM. 1314040654 The Application Of Learning Model AIR (Auditory, Intellectually, and Repetition) With Handout in Learning Mathematics to Improve The Understanding Of Mathematical Concept Of Students VIII SMPN 2 Sintuk Toboh Gadang of Academic Year 2017/2018. This research is motivated by the low comprehension ability of mathematical concept of students grade VIII SMPN 2 Sintuk Toboh Gadang of academic year 2017/2018. This due to the lack of math skills and student participation in learning. For it is applied AIR (Auditory, Intellectually and Repetition) learning model with handout. Hypothesis in this research is “The ability to understanding the mathematical concept of student learning with AIR (Auditory, Intellectually and Repetition) model with handout is higher than the understanding of mathematical concept of student learning with ordinary learning. This research is a quasy experimental research and research design used is Randomized Control Group Only Design. The population of this study is the students of grade VIII SMPN 2 Sintuk Toboh Gadang of academic year 2017/2018. The sampling technique is simple random sampling. Obtained class VIII.1 as experimental class (learning AIR model with Handout) and class VIII.5 as control class (ordinary learning). The secondary data of this study is the daily replication value of grade students and primary data is the value of the test mathematics learning result seen from the aspect of the ability to understanding the concept of mathematics students who learning with AIR (Auditory, Intellectually and Repetition) model with Handout and students who learning with ordinary learning. The research instrument has met the good criteria seen from the validity of the reability of the differentiating power problem and the difficulty index question. The research starts from 29 August to 22 September 2017 at SMPN 2 Sintuk Toboh Gadang of academic year 2017/2018. Based on the result of research obtained the average value of the understanding of mathematical concept of students who learn with learning model AIR with Handout is 80,08 and 74,52 ordinary learning. After hypothesis testing using t-test, obtained ttable = 1.645 and tcount = 2,20 with 95% confidence level. This means that tcount> ttable, this indicates that the accepted hypothesis means the learner by applying model AIR (Auditory, Intellectually and Repetition) with Handout is higher than with ordinary learning with tcount = 2,20, understanding the mathematical concepts of learners by applying model AIR (Auditory, Intellectually and Repetition) with Handout is better than with ordinary learning with tcount = 2,20.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2018 02:06
Last Modified: 19 Jul 2018 03:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1629

Actions (login required)

View Item View Item