PENERAPAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTIONS, READ, RECITE, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 06 TANJUNG BUNGO ABAI SOLOK SELATAN

Fitri, Ela (2023) PENERAPAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTIONS, READ, RECITE, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 06 TANJUNG BUNGO ABAI SOLOK SELATAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (843kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (404kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (604kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui Perbedaan kemampuan membaca pemahaman peserta didik setelah menggunakan metode SQ3R dibandingkan dengan metode ceramah. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment (Eksperimen Semu) dengan desain penelitian pre test-post test Control Group Design (pre-test –post-test kelompok non ekuivalen). Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik pada kelas IV A dan IV B, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel Cluster Random Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah IV A dan kelas kontrol IV B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat dilihat dari rata-rata kelas eksperimen menggunakan metode SQ3R meningkat 56,45% menjadi 88%. Sedangkan kelas kontrol menggunakan metode ceramah meningkat 58,00% menjadi 76%. Hasil analisis uji “t” yang dilakukan dengan bantuan SPSS 25 diperoleh Nilai Thitung = 10,037 sehingga nilai df 38 yaitu 2,024, maka Thitung (10,037) > Ttabel (2,024) maka Ha diterima Ho ditolak, yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat perbedaan perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman peserta didik antara yang menggunakan metode SQ3R dengan yang tidak menggunakan metode SQ3R di kelas IV SDN 06 Tanjung Bungo Abai Solok Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode SQ3R, Kemampuan Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 13 Oct 2023 05:57
Last Modified: 13 Oct 2023 06:00
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16277

Actions (login required)

View Item View Item