Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS dengan Menggunakan Media Ajar Digital Berbasis Puzzle Picture pada Kelas VII di SMP Negeri 5 Padang

Logia, Dwi (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS dengan Menggunakan Media Ajar Digital Berbasis Puzzle Picture pada Kelas VII di SMP Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text (Cover, Abstrak, Pengesahan, Persetujuan, Kata Pengantar, Daftar Isi)
Cover, Abstrak, Pengesahan, Persetujuan, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 REVISI PTK.pdf - Published Version

Download (871kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 REVISI PTK.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB 5-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (825kB)
[img] Text (Fulltext)
Dwi Logia 1914090108 Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan media pembelajaran IPS yang masih menggunakan media non digital. Padahal kondisi saat ini sudah banyak teknologi modern terutama penggunaan media digital. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui rancangan rencana pembelajaran IPS dengan menggunakan Media Ajar Digital Berbasis Puzzle Picture dalam pembelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 5 Padang. (2) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan Media Ajar Digital Berbasis Puzzle Picture dalam pembelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 5 Padang. 3) Mengetahui meningkatnya hasil belajar menggunakan Media Ajar Digital Berbasis Puzzle Picture dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan desain penelitian classroom action research atau penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran.Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. dengan rancangan post-test only. Subjek penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VII-7 di SMP Negeri 5 Padang yang berjumlah 33 peserta didik. Data kualitatif berupa lembar feedback media, komponen guru dan peserta didik dan soal post-test disetiap akhir siklus. Sedangkan data kuantitatif berupa data yang diperoleh dari: presentase ketuntasan hasil belajar peserta ,lembar feedback media, komponen guru, dan peserta didik. 3) peningkatan hasil belajar yang diperoleh dari hasil post-test hasil belajar peserta didik menggunakan media ajar digital berbasis puzzle picture. Hasil temuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Susunan rancangan penelitian mealalui Book Widgets alat membuat berbasis digital yang menggunakan media ajar berbasis puzzle picture (2) Pelaksanaan sesuai dengan rancangan yang telah disusun kemudian dilaksanakan dalam pembelajaran IPS menggunakan media ajar digital berbasis puzzle picture dan masih ditemukan kendala-kendala dalam pelaksanaan proses pembelajaran. (3) Ditemukan peningkatan hasil belajar dari siklus I siklus III menggunakan dari presentase ketuntasan siklus I 24% dengan nilai rata-rata 64,84, siklus II 54% dengan nilai rata-rata 73,33 dan siklus III 76% dengan nilai rata-rata 80,66.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Puzzle Picture, Pembelajaran IPS, Hasil belajar
Subjects: U Umum (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 16 Oct 2023 00:16
Last Modified: 16 Oct 2023 00:16
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16236

Actions (login required)

View Item View Item