Pelaksanaan Lsyanan Konseling Individual dengan Pendekatan Rasional Emotif Terapi Terhadap Peserta Didik Yang Melanggar Tata tertib di MTsN 1 Pesisir Selatan

Dila Silvia, Dila (2018) Pelaksanaan Lsyanan Konseling Individual dengan Pendekatan Rasional Emotif Terapi Terhadap Peserta Didik Yang Melanggar Tata tertib di MTsN 1 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover persetujuan pembimbing abstrak)
cover, persetujuan pembimbing,abstrak.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1 ACC TATA TERTIB BARU (Autosaved) PRINT.pdf - Published Version

Download (355kB)
[img] Text (bab II)
BAB II dila.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text (bab III)
BAB III dila (2).pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (257kB)
[img] Text (bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text (daftar kepustakaan)
daftar pustaka baru.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (skripsi gabungan)
Full Doc1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://uinib.ac.id

Abstract

ABSTRAK Dila Silvia NIM. 1314030888 “ Pelaksanaan Layanan Konseling Individual dengan Pendekatan Rasional Emotif Terapi terhadap Peserta didik yang Melanggar Tata Tertib di MTsN 1 Pesisir Selatan. “(Skripsi: 2018). Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa di MTsN 1 pesisir selatan telah dilaksanakan layanan BK, akan tetapi masih banyak peserta didik yang melanggar tata tertib sekolah seperti bolos, atribut sekolah tidak lengkap, sering alfa, sehingga perlu dilakukan penelitian untuk melihat bagaimana proses pelaksanaan BK di MTsN 1 pesisir selatan. karena di MTsN 1 pesisir selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, persiapan pelaksanaan layanan konseling individual dengan pendekatan rasional emotif terapi terhadap peserta didik yang melanggar tata tertib di MTsN 1 pesisir selatan, proses layanan konseling individual dengan pendekatan rasional emotif terapi terhadap peserta didik yang melanggar tata tertib di MTsN 1 pesisir selatan, dampak pelaksanaan layanan konseling individual dengan pendekatan rasional emotif terapi terhadap peserta didik yang melanggar tata tertib di MTsN 1 Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan konseling individu terhadap siswa yang melanggar tata tertib sekolah. untuk mendeskripsikan persiapan pelaksanaan layanan konseling individual dengan pendekatan rasional emotif terapi terhadap peserta didik yang melanggar tata tertib di MTsN 1 pesisir selatan, untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan layanan konseling individual dengan pendekatan rasional emotif terapi terhadap peserta didik yang melanggar tata tertib di MTsN 1 pesisir selatan, untuk mendeskripsikan dampak pelaksanaan konseling individual dengan pendekatan rasional emotif terapi terhadap peserta didik yang melanggar tata tertib di MTsN 1 pesisir selatan. Penelitian ini bersifat field research (Penelitian lapangan dengan mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif mendeskripsikan secara sistematis faktual dan akurat mengenai fakta fakta ,situasi atau kejadian yang berkenaan dengan pelaksanaan bimbingan disekolah. Sumber data penelitian adalah apa yang menjadi sasaran dalam penelitian dimana penelitian ini dilakukan oleh, Peserta didik yang menjadi subjek penelitian adalah peserta didik MTsN 1 Pesisir Selatan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pertama bahwa persiapan yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling adalah dengan menyiapkan lingkungan yang nyaman dan sikap yang baik, mengidentifikasi, melihat masalah peserta didik, menentukan waktu, memilih tempat melakukan konseling, kedua konseling individual dengan pendekatan rasional emotif terapi terapi telah dilakukan melalui teori ABC, ketiga Dampak positif dari pelaksanaan layanan konseling individual dengan pendekatan rasional emotif terapi adalah terpecahkannya masalah-masalah peserta didik 1. Layanan konseling individual yaitu layanan dan konseling yang memungkinkan peserta didik (klien) mendapat layanan langsung tatap muka (secara perorangan ) dengan guru pembimbing dalam rangka pembahasan dan pengentasan permasalahan pribadi yang dideritanya. Layanan konseling individual yang memungkinkan siswa mendapatkan layanan langsung secara tatap muka dengan guru Pembimbing atau Guru kelas bertujuan untuk membahas dan mengentaskan permasalahan yang dialami oleh peserta didik. 2. Rasional emotive adalah teori yang berusaha memahami manusia sebagaimana adanya. Manusia adalah subjek yang sadar akan dirinya dan sadar akan objek-objek yang dihadapinya. Manusia adalah makhluk berbuat dan berkembang dan merupakan individu dalam satu kesatuan yang berarti manusia bebas, berpikir, bernafas, dan berkehendak. konseling RET atau yang lebih dikenal dengan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) adalah konseling yang menekankan dan interaksi berfikir dan akan sehat (rasional thingking), perasaan (emoting), dan berperilaku (acting)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects:
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 27 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2018 08:02
Last Modified: 13 Nov 2018 08:02
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1609

Actions (login required)

View Item View Item