PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOLASE 3D BERBASIS DAUR ULANG TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SBDP KELAS III SDN 09 BELAKANG BALOK BUKITTINGGI

Aulia, Rahmi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOLASE 3D BERBASIS DAUR ULANG TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SBDP KELAS III SDN 09 BELAKANG BALOK BUKITTINGGI. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
cover, pengesahan, persetujuan, abstrak dan daftar isi.pdf - Published Version

Download (994kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (650kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (861kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (334kB)
[img] Text (Full Text)
Rahmi Aulia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran, ditandai dengan ini juga hanya menggunakan buku cetak, pendidik belum memberi contoh media yang realistis selama pembelajaran, peserta didik belum bisa mengkreasikan ide terkait dengan materi, sehingga kemampuan imajinasi peserta didik yang mendorong kreativitas peserta didik masih terbatas. Tujuan pengembangan media kolase 3D berbasis daur ulang ini adalah (1)Mengetahui validasi media kolase 3D berbasis pemanfaatan daur ulang terhadap kreativitas peserta didik dalam pembelajaran SDBP kelas III di SDN 09 Belakang Balok Bukittinggi, (2)Mengetahui praktikalitas media kolase 3D berbasis daur ulang terhadap kreativitas peserta didik dalam pembelajaran SBDP kelas III di SDN 09 Belakang Balok Bukittinggi,(3) Mengetahui efektifitas media kolase 3D berbasis daur ulang terhadap kreativitas peserta didik dalam pembelajaran SBDP kelas III di SDN 09 Belakang Balok Bukittinggi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari tahapan Pendefenisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Development) dan Penyebaran (Disseminate). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket validasi dan angket praktikalitas. Uji validasi media pembelajaran diberikan kepada 2 orang validator ahli dinilai dari aspek media dan aspek materi. Uji praktikalitas diberikan kepada 1 orang pendidik dan 22 peserta didik di SDN 09 Belakang Balok Bukittinggi yang dinilai dari aspek efesiensi waktu, kemudahan penggunaan media, dan manfaat media. Uji efektifitas diberikan kepada 22 orang peserta didik di SD N 09 Belakang Balok Bukittinggi dinilai dari aspek kemampuan kreativitas peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria media kolase berbasis daur ulang sangat valid, sangat praktis dan efektif dengan rata-rata penilaian ahli media 87,34% dengan kategori sangat valid, penilaian ahli materi sebesar 85% dengan kategori sangat valid. Praktikalitas dari pendidik terhadap media pembelajaran kolase berbasis daur ulang sebesar 89,43% dengan kategori sangat praktis dan dari peserta didik sebesar 89,43%. Untuk melatih kreativitas dilakukan tes unjuk kerja peserta didik yang memperoleh hasil sebesar 80,2% dan dikategorikan efektif. Karena media pembelajaran kolase 3D Berbasis Daur Ulang yang dikembangkan sudah dikatakan sangat valid, sangat praktis, dan efektif maka media pembelajaran kolase 3D Berbasis Daur Ulang pada pembelajaran SBDP digunakan sebagai sumber belajar yang mampu melatih kreativitas peserta didik kelas III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media kolase 3D berbasis daur ulang, kreativitas serta didik
Subjects: U Umum (General) > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:52
Last Modified: 31 Jan 2024 08:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16089

Actions (login required)

View Item View Item