Pengembangan E-modul Pembelajaran Fisika Berbasis Blended Learning Menggunakan facebook Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik

Sude, Sila (2023) Pengembangan E-modul Pembelajaran Fisika Berbasis Blended Learning Menggunakan facebook Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (Cover)
COVER SKRIPSI SILA PUTRI SUDE. 1914080016.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I SILA PUTRI SUDE. 1914080016.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III SILA PUTRI SUDE. 1914080016.pdf - Published Version

Download (12MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V SKRIPSI SILA PUTRI SUDE. 1914080016.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (SFULL TEXT)
REVISI FIKS SETELAH MUNAQASYAH wtrmak pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep dan keterampilan komunikasi peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung sehingga peserta didik tidak mampu mengkongkritkan pelajaran fisika yang dikenal abstrak, sulit dan membosankan. Pendidikan abad 21 membutuhkan pendekatan dan keterampilan yang dapat mengimbangi kemajuan teknologi. Maka pengguna bahan ajar berupa E-Modul Fisika berbasis Blended Learning merupakan solusi untuk mengkongkritkan pelajaran fisika sehingga membantu peserta didik terkoneksi dengan cepat pada materi pemanasan global lengkap dengan penjelasan nya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangan EModul Fisika berbasis Blended Learning Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Berkomunikasi Peserta Didik yang valid, praktis dan Efektif (pada keterampilan komunikasi). Penelitian ini mengadaptasi langkah-langkah model Plomp. Tahapan pengembangannya adalah preliminary research, prototyping phase, dan assesment phase. Pada preliminary research dilakukan studi pendahuluan dengan melakukan kajian literatur, analisis kebutuhan dan konteks, dan pengembangan kerangka kerja yang menghasilkan desain awal E-modul. Prototyping phase terdiri dari tiga tahap yaitu: mendesain prototype, melakukan evaluasi formatif, dan revisi prototype. Assesment phase dilakukan untuk mendapatkan E-modul yang praktis dan efektif melalui uji coba terbatas pada pembelajaran fisika. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket praktikalitas terhadap peserta didik dan pendidik SMA N 5 Padang. Analisis data angket dilakukan secara kuantitatif, sedangkan data hasil observer untuk melihat keterlaksanaan E-modul fisika berbasis Blended Learning menggunakan lembar observasi. Hasil penilaian menunjukkan bahwa E-Modul Fisika berbasis Blended Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik sangat valid dengan skor rata- rata 86,6% dengan persentase kelayakan materi/isi 85%, kelayakan media 83% dan kelayakan bahasa 92%. Uji kepraktisan produk dengan skor rata rata 91,7 % dengan persentase 1 orang pendidik mendapatkan rata – rata 97% dan peserta didik 86,45%. Sedangkan keterlaksaan E-Modul Fisika berbasis Blended Learning dinilai oleh 2 orang observer mendapatkan rata-rata keterlaksanaan 3,97 dengan kategori sangat praktis dan percentage of agreements 95,97% dengan kategori Very Good Agreement dan untuk efektifitas keterampilan komunikasi diperoleh 81,33% dengan kategori sangat efektif. Dari hasil penelitian pengembangan ini disimpulkan bahwa EModul Fisika berbasis Blended Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Komunikasi Peserta didik memenuhi persyaratan dengan kualitas valid, praktis dan Efektif (pada keterampilan komunikasi) yang bisa digunakan sebagai bahan ajar pada SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General) > Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:35
Last Modified: 13 Oct 2023 07:35
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16022

Actions (login required)

View Item View Item