Peran Pengasuh dalam Mengatasi Bullying di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Jabal Fiil Balah Aia VII Koto Sungai Sariak Padang Pariaman

Samsiyana, Alni (2023) Peran Pengasuh dalam Mengatasi Bullying di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Jabal Fiil Balah Aia VII Koto Sungai Sariak Padang Pariaman. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (Cover - Daftar Lampiran)
Cover-Daftar Lampiran Alni Samsiyana 1914010140.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 Alni Samsiyana 1914010140.pdf

Download (484kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Alni Samsiyana 1914010140.pdf

Download (419kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V Daftar Pustaka Alni Samsiyana 1914010140.pdf

Download (410kB)
[img] Text (Full Text)
Fulltext Alni Samsiyana 1914010140.pdf

Download (4MB)

Abstract

Judul Skripsi ini adalah “Peran Pengasuh dalam Mengatasi Bullying di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Jabal Fiil Balah Aia VII Koto Sungai Sariak Padang Pariaman” ditulis oleh Alni Samsiyana 1914010140 Program Studi Pendidikan Agam Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Bullying merupakan perilaku menyimpang yang menyerang fisik dan mental seseorang. Tidak hanya disekolah umum, bullying juga terjadi di pondok pesantren. Padahal pesantren merupakan salah satu wadah untuk mengajarkan nilai-nilai moral dan keislaman. Oleh karena itu, pengasuh berperan penting dalam mengatasi bullying di pondok pesantren agar kasus bullying dikalangan pondok pesantren semakin merendah dan santri yang belajar di pondok pesantren merasa aman dan nyaman. Tujuan dalam penelitian skripsi ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan peran pengasuh dalam mengatasi bullying di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Jabal Fiil. (2) Untuk mengetahui metode pengasuh dalam mengatasi bullying di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Jabal Fiil. (3) Untuk mendeskripsikan faktor penyebab bullying di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Jabal Fiil. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Jabal Fiil. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data terbagi kepada dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Proses pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pengasuh dalam mengatasi bullying di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Jabal Fiil adalah: peran pengasuh sebagai pembimbing, pengasuh sebagai pengarah, pengasuh sebagai pendamping, pengasuh sebagai fasilitator, dan pengasuh sebagai teladan. Adapun metode yang digunakan pengasuh dalam mengatasi bullying di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Jabal Fiil yaitu: (1) Metode Pendekatan. (2) Metode Pembiasaan. (3) Metode Keteladanan. (4) Metode pendidikan dengan nasihat. (5) Metode pendidikan melalui ibrah. (6) Metode pendidikan dengan kemandirian. Adapun faktor penyebab bullying di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Jabal Fiil yaitu: (1) Faktor teman sebaya. (2) Faktor kurang perhatian. (3) Faktor kesalahpahaman. (4) Faktor Senioritas. Kata Kunci: Bullying, Peran Pengasuh, Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bullying, Peran Pengasuh, Pondok Pesantren.
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 16 Oct 2023 05:31
Last Modified: 16 Oct 2023 05:31
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15998

Actions (login required)

View Item View Item