STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTsN 3 PADANG PARIAMAN

APRILLA, NADIA (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTsN 3 PADANG PARIAMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER s/d DAFTAR ISI)
Skripsi Nadia Aprilla 1914010120 (cover, pengesahan, persetujuan pembimbing, kata pengantar, daftar isi).pdf - Published Version

Download (711kB)
[img] Text (BAB 1)
Nadia Aprilla 191401020-Bab 1.pdf - Published Version

Download (388kB)
[img] Text (BAB 3)
Nadia Aprilla 1914010120-Bab 3.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (BAB 5 - DAFTAR PUSTAKA)
Nadia Aprilla 1914010120-Bab 5-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (264kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Nadia Aprilla 1914010120 Full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kejenuhan belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif yaitu menjelaskan fenomena secara akurat ditemukan di lapangan untuk selanjutnya dianalisis. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi, Adapun teknik analisis data diolah dan dianalisis dengan menempuh langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan kejenuhan belajar siswa di MTsN 3 Padang Pariaman terbagi menjadi dua faktor yakni, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah minat siswa, kelelahan, motivasi siswa yang kurang dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Faktor eksternal adalah belum optimalnya strategi pembelajaran yang digunakan guru sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru kurang memahami karakteristik siswa. Strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa yaitu mengenali karakteristik siswa, memberikan motivasi dan semangat kepada siswa,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, guru, kejenuhan belajar, mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 16 Oct 2023 01:39
Last Modified: 16 Oct 2023 01:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15955

Actions (login required)

View Item View Item