APRILLA, NADIA (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTsN 3 PADANG PARIAMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.
Text (COVER s/d DAFTAR ISI)
Skripsi Nadia Aprilla 1914010120 (cover, pengesahan, persetujuan pembimbing, kata pengantar, daftar isi).pdf - Published Version Download (711kB) |
|
Text (BAB 1)
Nadia Aprilla 191401020-Bab 1.pdf - Published Version Download (388kB) |
|
Text (BAB 3)
Nadia Aprilla 1914010120-Bab 3.pdf - Published Version Download (166kB) |
|
Text (BAB 5 - DAFTAR PUSTAKA)
Nadia Aprilla 1914010120-Bab 5-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (264kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Nadia Aprilla 1914010120 Full text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kejenuhan belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif yaitu menjelaskan fenomena secara akurat ditemukan di lapangan untuk selanjutnya dianalisis. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi, Adapun teknik analisis data diolah dan dianalisis dengan menempuh langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan kejenuhan belajar siswa di MTsN 3 Padang Pariaman terbagi menjadi dua faktor yakni, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah minat siswa, kelelahan, motivasi siswa yang kurang dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Faktor eksternal adalah belum optimalnya strategi pembelajaran yang digunakan guru sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru kurang memahami karakteristik siswa. Strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa yaitu mengenali karakteristik siswa, memberikan motivasi dan semangat kepada siswa,
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, guru, kejenuhan belajar, mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 01:39 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 01:39 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15955 |
Actions (login required)
View Item |